Apriyanti, Eka (2025) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan antusiasme belajar siswa kelas VI SD Negeri 10 Payung. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_2011126.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2011126.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (583kB) | Request a copy
BAB II_2011126.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (815kB) | Request a copy
BAB III_2011126.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (467kB) | Request a copy
BAB IV_2011126.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (589kB) | Request a copy
BAB V_2011126.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (312kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2011126.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (432kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini berfokus pada temuan bahwa sejumlah kecil siswa kelas VI mengalami kurangnya antusias ketika metode pembelajaran yang digunakan Guru Pendidikan Agama Islam membosankan, tidak sesuai dengan gaya belajar siswa, dan kurangnya interaksi antara guru dan siswa. Hal ini membuat mereka pasif, tidak memperhatikan guru ketika menyampaikan materi pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan antusiasme belajar siswa kelas VI di SD Negeri 10 Payung, (2) untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi tersebut, dan (3) untuk memahami perubahan antusiasme belajar siswa setelah guru Pendidikan Agama Islam menerapkan strategi tersebut.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam, Kepala Sekolah dan Siswa kelas VI di SD Negeri 10 Payung. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi pembelajaran yang diterapkan guru Pendidikan Agama Islam adalah strategi pembelajaran interaktif dan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan antusiasme belajar siswa kelas VI mencakup strategi penggunaan video pembelajaran, metode diskusi kelompok, reward dan apresiasi serta pembelajaran di luar kelas, (2) penerapan strategi dilakukan dengan cara melibatkan siswa secara aktif, antara lain melalui penggunaan video pembelajaran, metode diskusi kelompok, serta pemberian reward dan apresiasi setelah siswa menyelesaikan tugas. Selain itu, guru juga mengajak siswa melakukan kegiatan pembelajaran di luar kelas, ini bertujuan untuk menciptakan suasana belajar yang lebih aktif, menyenangkan dan mendorong keterlibatan langsung siswa dalam proses pembelajaran, (3) analisis terhadap perubahan antusiasme belajar siswa menunjukkan bahwa setelah strategi diterapkan, siswa menjadi lebih aktif dalam mengikuti pelajaran, menunjukkan minat, serta lebih bersemangat saat proses pembelajaran berlangsung.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | strategi guru; antusiasme belajar |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Eka Apriyanti |
| Date Deposited: | 30 Sep 2025 08:43 |
| Last Modified: | 30 Sep 2025 08:43 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3804 |
