Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Penerapan kegiatan 3m (menggambar, merobek, menempel) untuk meningkatkan kemampuan seni rupa pada anak usia 5-6 tahun di TK Pembina Negeri Sungai Selan

Wulandari, Sherly (2025) Penerapan kegiatan 3m (menggambar, merobek, menempel) untuk meningkatkan kemampuan seni rupa pada anak usia 5-6 tahun di TK Pembina Negeri Sungai Selan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2012033.pdf] Text
Halaman Awal_2012033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II_2012033.pdf] Text
BAB II_2012033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (353kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I_2012033.pdf] Text
BAB I_2012033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (348kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2012033.pdf] Text
BAB III_2012033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2012033.pdf] Text
BAB IV_2012033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (864kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2012033.pdf] Text
BAB V_2012033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (211kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_2012033.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_2012033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (237kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Penerapan kegiatan 3M (menggambar, merobek, menempel) merupakan suatu keadaan yang menunjukkan seberapa jauh kegiatan tersebut dapat meningkatkan kemampuan seni rupa pada anak. Kemampuan seni rupa merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan anak usia dini karena dapat melatih kreativitas, imajinasi, dan keterampilan motorik halus. Namun dalam pelaksanaannya masih ditemukan berbagai kendala, seperti keterbatasan alat dan bahan, kurangnya variasi metode pembelajaran, serta kemampuan motorik halus anak yang belum berkembang secara merata.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan sumber data yang diperoleh dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan Teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan Kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitin ini menunjukkan bahwa penerapan kegiatan 3M (menggambar, merobek, menempel) secara terstruktur dan berkelanjutan dapat meningkatkan keterampilan motorik halus, kreativitas, serta rasa percaya diri anak. Secara spesifik, kemampuan menggambar anak mengalami peningkatan dalam bentuk dan penggunaan warna, kemampuan merobek kertas terlihat rapi dan terkontrol menunjukkan perkembangan motorik halus yang baik, sedangkan kemampuan menempel anak menjadi kreatif dengan kombinasi bentuk dan warna yang variatif serta penataan komposisi yang lebih baik. Selain itu anak juga menunjukkan peningkatan rasa percaya diri dan antusiasme dalam berkarya seni.
Kata kunci: kegiatan 3M, menggambar, merobek, menempel, kemampuan seni rupa, anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: kegiatan 3m; menggambar; merobek; menempel; kemampuan seni rupa; anak usia 5-6 tahun
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Sherly Wulandari
Date Deposited: 29 Sep 2025 06:29
Last Modified: 29 Sep 2025 06:29
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3792

Actions (login required)

View Item
View Item