JAMILAH, JAMILAH (2025) Peran guru dalam mengembangkan moral anak usia 4-5 tahun di PAUD Dewi Sartika Desa Air Nyatoh. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL 2012036.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (600kB)
BAB I _2012036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (231kB) | Request a copy
BAB II _2012036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (244kB) | Request a copy
BAB III_2012036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (135kB) | Request a copy
BAB IV _2012036.pdf
Download (458kB)
BAB V _2012036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (42kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2012036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (184kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan sebagai sarana pelestarian tatanan kehidupan manusia memiliki peran dan fungsi yang sangat penting serta efektif. Usia kanak-kanak dan kelompok bermain adalah saat paling baik bagi guru untuk meletakkan dasar-dasar pendidikan nilai, moral dan agama. Mengembangkan moral dan nilai-nilai keagamaan memerlukan pembiasaan disamping pemahaman dan penghayatan anak tersebut. Kemudian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan moral anak usia 4-5 Tahun di PAUD Dewi Sartika Desa Air Nyatoh dan faktor apa yang mempengaruhi peran guru dalam mengembangkan moral anak usia 4-5 Tahun di PAUD Dewi Sartika Desa Air Nyatoh.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan sumber data yang diperoleh dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam mengembangkan moral anak usia 4-5 tahun yang dilakukan melalui beberapa tahap yaitu menggunakan tahap guru sebagai pengelola (mengatur lingkungan belajar dan mengatur kegiatan), guru sebagai motivator (memberikan contoh yang baik dan menggunakan bahasa yang positif), guru sebagai fasilitator (mengajukan pertanyaan pada anak), guru sebagai pembimbing dan pemelihara (memberikan arahan pada anak dan mengembangkan rasa percaya diri anak), dan guru sebagai evaluator (mengamati perilaku anak). Aspek perkembangannya moral melalui kegiatan bermain, bercerita, pembiasaan dan intraksi sosial yang positif di kelas. Moral adalah seperangkat prinsip dan nilai yang mengembangkan perilaku manusia dalam berintraksi dengan orang lain dan lingkungan sekitarnya. Moral memaikan peran penting dalam membentuk karakter, menjadi teladan dan perilaku individu, serta mempengaruhi hubungan sosial dan masyarakat. Faktor yang mempengaruhi moral yaitu terbagi menjadi dua faktor yaitu: Faktor pedukung dalam pelaksanakan peran guru dalam mengembangkan moral pada anak usia 4-5 Tahun adalah memiliki kerjasama yang baik antar guru dan kepala sekolah, serta dukungan dari kepala sekolah.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Peran Guru; Membimbing Moral; Anak Usia 4-5 Tahun |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.0 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | JAMILAH JAMILAH |
| Date Deposited: | 25 Sep 2025 06:20 |
| Last Modified: | 25 Sep 2025 06:20 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3786 |
