Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Koherensi perilaku sosial peserta didik di sekolah dan di rumah "Studi kasus pada peserta didik kelas VII SMP IT Al-Bina kota Pangkalpinang"

Selamat, Adi (2020) Koherensi perilaku sosial peserta didik di sekolah dan di rumah "Studi kasus pada peserta didik kelas VII SMP IT Al-Bina kota Pangkalpinang". Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL.pdf] Text
HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[thumbnail of 10. BAB I.pdf] Text
10. BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[thumbnail of 11. BAB II.pdf] Text
11. BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[thumbnail of 12. BAB III.pdf] Text
12. BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[thumbnail of 13. BAB IV.pdf] Text
13. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[thumbnail of 14. BAB V.pdf] Text
14. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)

Abstract

INDONESIA:

Dalam rangka meningkatkan sum ber daya manusia yang lebih baik, pendidikan merupakan salah satu wahana untuk proses pembentukan perilaku peserta didik, namun pendidikan itu tidak hanya di bangku sekolah akan tetapi keluarga ataupun rumah tangga dan masyarakat sangat menentukan perilaku dan sikap anak. Fenomena yang terjadi, yaitu seluruh siswa kelas VII SMP IT Al-Bina selalu memunculkan sikap dan perilaku terpuji baik di rumah maupun di sekolah, hal ini menjadi uswatun hasanah bagi masyarakat untuk melihat anak-anak yang selalu membuat terkesima dengan sikap, perilaku positif mereka masing-masing. Salah satu faktor pendukung tersebut yaitu adanya peran keluarga dan sekolah yang saling bersinergi untuk melakukan dan memberikan didikan dan pengajaran agama tentang beretika.

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui tentang perilaku sosial keislaman peserta didik di sekolah, 2) mengetahui tentang perilaku sosial keislaman peserta didik di rumah, dan 3) mengetahui koherensi perilaku sosial keislaman di sekolah dan di rumah. Adapun penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif dengan subyek penelitian sebagian guru, wali murid, dan siswa, dengan menggunakan teknik pengum pulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan yang terlibat dalam wawancara sebanyak 19 narasum ber dengan berbagai profesi, dan teknik analisa yang digunakan dengan reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya koherensi perilaku sosial keislaman peserta didik baik mereka berada di sekolah maupun di rumah yang menujukkan perilaku dan sikap terpuji.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: perilaku sosial; keislaman
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Randa Wicaksono
Date Deposited: 09 May 2023 08:16
Last Modified: 25 Apr 2024 02:37
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/377

Actions (login required)

View Item
View Item