Selamat, Adi (2020) Koherensi perilaku sosial peserta didik di sekolah dan di rumah "Studi kasus pada peserta didik kelas VII SMP IT Al-Bina kota Pangkalpinang". Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
10. BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (428kB)
11. BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (387kB)
12. BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (393kB)
13. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (268kB)
14. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (13kB)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (227kB)
Abstract
INDONESIA:
Dalam rangka meningkatkan sum ber daya manusia yang lebih baik, pendidikan merupakan salah satu wahana untuk proses pembentukan perilaku peserta didik, namun pendidikan itu tidak hanya di bangku sekolah akan tetapi keluarga ataupun rumah tangga dan masyarakat sangat menentukan perilaku dan sikap anak. Fenomena yang terjadi, yaitu seluruh siswa kelas VII SMP IT Al-Bina selalu memunculkan sikap dan perilaku terpuji baik di rumah maupun di sekolah, hal ini menjadi uswatun hasanah bagi masyarakat untuk melihat anak-anak yang selalu membuat terkesima dengan sikap, perilaku positif mereka masing-masing. Salah satu faktor pendukung tersebut yaitu adanya peran keluarga dan sekolah yang saling bersinergi untuk melakukan dan memberikan didikan dan pengajaran agama tentang beretika.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui tentang perilaku sosial keislaman peserta didik di sekolah, 2) mengetahui tentang perilaku sosial keislaman peserta didik di rumah, dan 3) mengetahui koherensi perilaku sosial keislaman di sekolah dan di rumah. Adapun penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif dengan subyek penelitian sebagian guru, wali murid, dan siswa, dengan menggunakan teknik pengum pulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan yang terlibat dalam wawancara sebanyak 19 narasum ber dengan berbagai profesi, dan teknik analisa yang digunakan dengan reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya koherensi perilaku sosial keislaman peserta didik baik mereka berada di sekolah maupun di rumah yang menujukkan perilaku dan sikap terpuji.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | perilaku sosial; keislaman |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Randa Wicaksono |
Date Deposited: | 09 May 2023 08:16 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 02:37 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/377 |