Mustika, Eli (2025) Implikasi pemberian reward dan punishment dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di Ponpes Al-Muhajirin Koba. Undergraduate thesis, Insitut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2111060.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (850kB)
BAB 1_2111060.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
BAB II_2111060.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
BAB III_2111060.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB IV_2111060.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (8MB) | Request a copy
BAB V_2111060.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (365kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2111060.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (781kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Dalam sistem pembelajaran pondok terkhusus Di Ponpes Al-Muhajirin Koba yang terdiri dari santri bermukim tentu harus memiliki motivasi belajar yang tinggi namun tantangan yang dihadapi di sistem pembelajaran pondok tersebut ialah dengan minimnya motivasi belajar peserta didik karena masih banyak yang melakukan pelanggaran dan memiliki minat yang rendah untuk belajar. Tenaga pendidik/ pengasuh pondok menerapkan reward dan punishment dalam sistem pembelajaran sebagai upaya dalam menumbuhkan motivasi belajar para santri.
Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan beberapa tahap yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian Implikasi pemberian reward dan punishment di Ponpes Al- Muhajirin Koba ialah pemberian reward dan punishment di lingkungan ponpes Al- Muhajirin sudah diterapkan dengan baik, reward dan punishment diberikan secara bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan tujuannya. Dengan adanya pemberian reward dan punishment motivasi belajar para santri dapat bertumbuh dan bertambah. Sedangkan tantangan yang harus dihadapi oleh para tenaga pengasuh pondok ialah perlu pembinaan yang ekstra dalam menerapkan reward dan punishment kepada para santri agar maksud dan tujuan dari pemberian reward dan punishment tersebut dapat tersampaikan dengan tepat yakni untuk menumbuhkan motivasi belajar mereka.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | implikasi; reward dan punishment; motivasi |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.5 Disiplin Sekolah dan Aktivitas yang Berkaitan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Eli Mustika |
| Date Deposited: | 22 Sep 2025 07:36 |
| Last Modified: | 22 Sep 2025 09:06 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3764 |
