Nuraini, Rahma (2025) Revitalisasi antusiasme anak dalam belajar Al-Qur'an melalui efektivitas komunikasi kelompok: Studi deskriptif di Majelis Taklim Mansyaul Ulum Kelurahan Sungaiselan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syeikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2122009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (901kB)
BAB I_2122009.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (435kB) | Request a copy
BAB II_2122009.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (458kB) | Request a copy
BAB III_2122009.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (338kB) | Request a copy
BAB IV_2122009.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (341kB) | Request a copy
BAB V_2122009.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (289kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2122009.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (309kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Dalam konteks pembelajaran di taman kanak-kanak, penerapan komunikasi kelompok menjadi salah satu aspek penting yang dapat mempengaruhi suasana belajar dan motivasi anak-anak. Penelitian ini berusaha untuk menelusuri bagaimana komunikasi tersebut dilakukan, bagaimana suasana yang tercipta, serta tantangan apa saja yang dihadapi dalam prosesnya agar kegiatan belajar Al-Qur’an di Majelis Taklim dapat berjalan secara efektif dan menyenangkan.
Penggunaan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara membantu peneliti mendapatkan gambaran yang mendalam tentang pola komunikasi yang diterapkan ustadz dan anak-anak selama kegiatan belajar berlangsung. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk komunikasi, faktor pendukung maupun hambatan yang mempengaruhi keberhasilan proses interaksi tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang humanis, hangat, dan kontekstual mampu meningkatkan motivasi dan partisipasi anak dalam belajar Al-Qur’an. Faktor pendukung efektifitas komunikasi meliputi suasana belajar yang rileks dan pendekatan yang personal, sedangkan hambatan utama muncul dari kurangnya variasi metode pengajaran dan perhatian emosional terhadap anak. Dari temuan ini, dapat disimpulkan bahwa keberhasilan revitalisasi antusiasme belajar anak dalam konteks majelis taklim sangat bergantung pada penerapan komunikasi kelompok yang mampu membangun hubungan baik dan suasana yang mendukung. Oleh karena itu, peningkatan kualitas komunikasi menjadi langkah penting yang perlu terus dikembangkan demi tercapainya pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | komunikasi kelompok; pembelajaran Al-Qur’an; antusiasme belajar; pendidikan nonformal; efektivitas komunikasi. |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Tugas Akhir |
| Depositing User: | Rahma Nuraini |
| Date Deposited: | 18 Sep 2025 01:39 |
| Last Modified: | 18 Sep 2025 01:39 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3739 |
