Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Implementasi metode pembelajaran Quiz Team pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMPN 1 Puding Besar

Rezaldi, Muhamad (2025) Implementasi metode pembelajaran Quiz Team pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMPN 1 Puding Besar. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2111255.pdf] Text
Halaman Awal_2111255.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (815kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I_2111255.pdf] Text
BAB I_2111255.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (170kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2_2111255.pdf] Text
BAB 2_2111255.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2111255.pdf] Text
BAB III_2111255.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (163kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2111255.pdf] Text
BAB IV_2111255.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (419kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V__2111255 New.pdf] Text
BAB V__2111255 New.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (51kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_2111255.pdf] Text
Daftar Pustaka_2111255.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (187kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi aktif dan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas VII SMPN 1 Puding Besar. Permasalahan tersebut mendorong dilakukannya penelitian mengenai implementasi metode pembelajaran Quiz Team sebagai upaya untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan implementasi metode pembelajaran Quiz Team pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VII di SMPN 1 Puding Besar. Fokus penelitian mencakup tiga tahapan utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran.

Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan utama dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan dua peserta didik yang mewakili karakteristik siswa yang menonjol dalam bidang akademik di kelas dan siswa yang kurang menonjol dalam bidang akademik di kelas dalam proses pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan, guru menyusun modul ajar dengan memperhatikan tujuan pembelajaran, materi ajar, dan langkah-langkah metode Quiz Team yang menekankan kerja sama tim dan kompetisi sehat. Pada tahap pelaksanaan, metode ini diterapkan dengan membagi siswa ke dalam beberapa kelompok kecil, kemudian memberikan soal-soal yang harus dijawab secara tim. Aktivitas ini menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, meningkatkan partisipasi aktif siswa, dan menumbuhkan rasa tanggung jawab kolektif. Pada tahap evaluasi, guru menggunakan penilaian individual dan kelompok untuk menilai pemahaman siswa serta memberikan umpan balik secara langsung dan melakukan refleksi. Implementasi metode Quiz Team terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa terhadap materi PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: quiz team: pendidikan agama islam: implementasi pembelajaran: kolaborasi: kelas vii
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Unnamed user with email rezaldyzaldy274@gmail.com
Date Deposited: 16 Sep 2025 02:50
Last Modified: 16 Sep 2025 02:50
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3727

Actions (login required)

View Item
View Item