Alwalidain, Nursyifa (2025) Peran orangtua dalam meningkatkan motivasi hafalan al-qur’ān santri di Rumah Taḥfīẓh Al-huda Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_2111276.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (488kB)
BAB I_2111276.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (190kB) | Request a copy
BAB II_2111276.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (279kB) | Request a copy
BAB III_2111276.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (187kB) | Request a copy
BAB IV_2111276.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (251kB) | Request a copy
BAB V_2111276.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (102kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2111276.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (162kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Meningkatnya kesadaran akan pentingnya mencetak generasi penghafal al- Qur’ān mendorong banyak orang tua untuk menyekolahkan anak-anak mereka ke lembaga tahfīẓh. Namun, pencapaian dalam hafalan anak tidak cukup hanya mengandalkan pendidikan formal; keterlibatan orangtua di lingkungan rumah memegang peranan yang sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam bagaimana peran orang tua dalam mendorong semangat anak untuk menghafal al-Qur’ān di Rumah Taḥfīẓh Al-Huda Pangkalpinang. Fokus utama penelitian adalah pada bentuk pengasuhan, kebiasaan yang dibangun, keteladanan, dan pemberian motivasi oleh orangtua kepada anak.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan fenomenologis, data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara terstruktur terhadap tiga orang tua santri, serta dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari santri dengan capaian hafalan cukup baik.
Penelitian menemukan bahwa dukungan orangtua baik secara emosional, spiritual, maupun praktis berperan signifikan dalam membentuk motivasi anak. Bentuk dukungan seperti perhatian, dorongan moril dan materiil terbukti mampu memperkuat semangat anak dalam menghafal. Hasil ini menunjukkan pentingnya keterlibatan aktif orang tua dalam mendukung program tahfīẓh. Oleh sebab itu, perlu adanya peningkatan kesadaran dan partisipasi orang tua dalam proses pembelajaran anak. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengeksplorasi strategi pelibatan orang tua di berbagai konteks lembaga tahfīẓh.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | keterlibatan orangtua; semangat belajar; tahfīẓh al-qur’ān; pendidikan rumah; santri |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Nursyifa Alwalidain |
| Date Deposited: | 11 Sep 2025 06:08 |
| Last Modified: | 11 Sep 2025 06:08 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3713 |
