Lestin, Rika (2025) Efektivitas bimbingan karir untuk meningkatkan minat melanjutkan studi perguruan tinggi pada peserta didik kelas xi SMK Negeri 1 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddikk.
Halaman Awal_1915062.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
BAB I_1915062.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (407kB) | Request a copy
BAB II_1915062.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (316kB) | Request a copy
BAB III_1915062.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (651kB) | Request a copy
BAB IV_1915062.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (648kB) | Request a copy
BAB V_1915062.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (16kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1915062.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (144kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Bimbingan karir adalah proses bantuan bagi individu untuk mengenali potensi diri dan dunia kerja agar mampu merencanakan masa depan secara tepat. Namun, di SMKN 1 Pangkalpinang masih terdapat peserta didik kelas XI yang ragu melanjutkan studi ke perguruan tinggi karena kekhawatiran terhadap berbagai faktor, terutama biaya pendidikan pascapandemi COVID-19 yang berdampak pada ekonomi keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan karir dan efektivitasnya dalam meningkatkan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada peserta didik kelas XI SMKN 1 Pangkalpinang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan tipe one group pretest-posttest design. Sampel penelitian berjumlah 30 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, terdiri dari 15 peserta didik kelas eksperimen (XI Akuntansi) dan 15 peserta didik kelas kontrol (XI Desain Komunikasi Visual). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor pretest-posttest pada kelompok eksperimen dari rata-rata 52,4 menjadi 86,6, dan kelompok kontrol dari 53,6 menjadi 65,2. Nilai thitung sebesar 29,163 > ttabel 1,699 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, dan Gain Score Percentage sebesar 65,17% termasuk kategori cukup efektif. Dengan demikian, layanan bimbingan karir dilaksanakan secara terstruktur dan efektif serta mampu meningkatkan minat peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | bimbingan karir; minat melanjutkan studi; efektivitas; peserta didik |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Rika Lestin |
| Date Deposited: | 11 Sep 2025 05:14 |
| Last Modified: | 11 Sep 2025 05:14 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3708 |
