Faradillah, Adelina (2020) Upaya guru membentuk Interaksi Edukatif melalui Komunikasi Santun peserta didik kelas VIII MTS An-Najah Paya Benua. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (7MB)
BAB 1 A.N ADELINA FARADILLAH.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (361kB)
BAB II A.N ADELINA FARADILLAH.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (459kB)
BAB III A.N ADELINA FARADILLAH.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (403kB)
BAB IV A.N ADELINA FARADILLAH.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (357kB)
BAB V A.N ADELINA FARADILLAH.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (236kB)
DAFTAR PUSTAKA A.N ADELINA FARADILLAH.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (227kB)
Abstract
INDONESIA:
Upaya pendidikan akhlak dalam membentuk perilaku berbicara santun merupakan suatu hal yang harus menjadi perhatian agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak baik. Oleh karena itu akan lahir nya generasi yang berdedikasi terutama dalam bertutur kata yang baik, baik di sekolah maupun dilingkungan sekitarnya. Berdasarkan hasil observasi di Mts An-Najah Paya Benua Kelas VIII menunjukkan bahwa terdapat beberapa anak yang memiliki interaksi dalam berbicara yang kurang baik dan tidak memiliki etika. Dimana hal tersebut terjadi pada peneliti yang menerima pesan melalui whatsapp dari peserta didik, dan berisi pesan yang tidak baik.
Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan yang menggunakan deskriptif kualitatif, pengumpulan data utamanya ialah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. setelah data terkumpul kemudian data tersebut dianalsis secara deskriptif, dan yang terakhir yaitu menarik kesimpulan dengan merangkum semua hasil dari wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku peserta didik memiliki penurunan dalam perkembangan berbicara peserta didik. Pada peserta didik masih terdapat yang berbicara tidak senonoh, menyerang teman-teman dengan kata-kata atau perilaku yang tidak baik, dan berbicara ketika sedang berada di dalam kelas. Adapun upaya yang dilakukan oleh guru tersebut ialah dengan membiasakan peserta didik untuk terus berperilaku atau berbicara dengan baik, kemudian memberi pengertian kepada peserta didik. Dan yang terakhir guru menjadi model atau contoh pada peserta didik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | komunikasi santun peserta didik; upaya guru membentuk interaksi edukatif |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Randa Wicaksono |
Date Deposited: | 09 May 2023 07:22 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 02:33 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/370 |