Arsyad, Abdul Bagus (2025) Implementasi metode pembiasaan guru akidah akhlak dalam pembentukan akhlakul karimah pada siswa di MTs Miftahul Jannah Pelangas. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal-1811001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (859kB)
BAB I_1811001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (142kB) | Request a copy
BAB II_1811001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (241kB) | Request a copy
BAB III_1811001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (115kB) | Request a copy
BAB IV_1811001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (258kB) | Request a copy
BAB V_1811001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (90kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1811001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (103kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi yang semakin canggih tapi Akhlak peserta didik yang semakin menurun. Jika kita melihat di dunia pendidikan saat ini banyak peserta didik yang memiliki kecerdasan tapi perilakunya belum mencerminkan kepribadian luhur. Salah satu komponen penting dalam memberikan pendidikan adalah Guru. Guru diharapkan mampu membentuk kepribadian, karakter, dan moralitas kepada peserta didik. Dan di MTs Miftahul Jannah Pelangas, Guru Akidah Akhlak menggunakan metode pembiasaan dalam proses pembentukan Akhlakul Karimah pada Peserta Didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Implementasi metode pembiasaan Guru Akidah Akhlak dalam pembentukan Akhlakul Karimah pada peserta didik di MTs Miftahul Jannah Pelangas, dan 2) Apa faktor penghambat Guru Akidah Akhlak dalam pembentukan Akhlakul Karimah pada peserta didik di MTs Miftahul Jannah Pelangas.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode tersebut digunakan untuk menjelaskan fakta sesungguhnya yang terjadi di lapangan sesuai dengan kondisi dan situasi serta keadaan yang sebenarnya.
Adapun hasil dari penelitian ini yaitu, 1) Implementasi metode pembiasaan yang dilakukan oleh Guru Akidah Akhlak dalam pembentukan Akhlakul Karimah pada peserta didik di MTs Miftahul Jannah Pelangas yakni, sesuai dengan RPP yang telah dilakukan oleh Guru Akidah Akhlak, dan melakukan kegiatan program pembiasaan berdasarkan Kurikulum Operasional Madrasah yang telah ada. 2) Adapun faktor penghambat Guru Akidah Akhlak dalam pembentukan Akhlakul Karimah pada peserta didik di MTs Miftahul Jannah Pelangas yakni faktor internal seperti kurangnya kesadaran dari peserta didik, serta keamanan Madrasah yang masih belum memadai. Kemudian faktor eksternal yakni kurangnya komunikasi antara orang tua peserta didik dengan Guru Akidah Akhlak, dan pengaruh dari teman sebaya.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | metode pembiasaan; guru akidah akhlak; pembentukan akhlakul karimah |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Abdul Bagus Arsyad |
| Date Deposited: | 10 Sep 2025 06:21 |
| Last Modified: | 10 Sep 2025 06:21 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3695 |
