Sartika, Siti (2019) Etika murid terhadap guru: studi analisis pemikiran Syekh Al-Zarnuji dalam Kitab Ta‘līm Al- Muta‘allim dan K.H. Hasyim Asy’ari dalam Kitab ādāb al-‘ālim wa al- muta’allim. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL _1311222.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
BAB I _131122.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (256kB)
BAB II_131122.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (296kB)
BAB III_131122.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (255kB)
BAB IV_131122.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (284kB)
BAB V _131122.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (92kB)
DAFTAR PUSAKA_131122.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (154kB)
Abstract
Dalam penulisan skripsi ini, peneliti memilih judul “Etika Murid Terhadap Guru (Studi Analisis Pemikiran Syekh al-Zarnuji dalam Kitab Ta‘līm al- Muta‘allim dan K.H. Hasyim Asy’ari dalam Kitab Ādāb al-‘Ālim wa al- Muta’allim)” karena menilik kembali permasalahan yang cukup urgen dan riskan tentang mulai menurunnya atau bisa dikatakan hilangnya etika seorang murid terhadap gurunya. Melalui penelitian ini diharapkan konsep pendidikan yang ditawarkan Syekh al-Zarnuji dan K.H. Hasyim Asy’ari menjadi salah satu alternatif yang sangat tepat untuk membentuk karakter bangsa.
Metodologi dalam penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dan komparatif. Analisis terhadap Pemikiran Syekh al-Zarnuji dalam Kitab Ta‘līm al- Muta‘allim dan K.H. Hasyim Asy’ari dalam Kitab Ādāb al-‘Ālim wa al- Muta’allim. Peneliti mencoba memaparkan semua data yang diperoleh dari berbagai literatur yang peneliti peroleh. Kemudian menganalisis data tersebut dengan berpedoman pada sumber-sumber yang tertulis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Etika Murid terhadap Guru menurut pemikiran Syekh al-Zarnuji dan K.H. Hasyim Asy’ari memiliki persamaan. Menurut keduanya, salah satu etika murid terhadap guru adalah menghormatinya. Keduanya yakin bahwa menghormati guru salah satu faktor penentu keberhasilan seorang murid dalam belajar. Selain itu, hasil penelitian juga menujukkan bahwa konsep pendidikan yang ditawarkan keduanya sangat relevan jika diaplikasikan dalam sistem pendidikan di Indonesia saat ini mengingat sudah merosotnya moral anak bangsa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | etika; murid; guru |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 170 Etika dan filsafat moral > 170 Etika 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar, Ahli Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Umi Asih Asnah Zubaidah |
Date Deposited: | 09 May 2023 04:09 |
Last Modified: | 10 Nov 2023 02:36 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/368 |