Yufeca, Cahyo (2025) Implementasi model pembelajaran berbasis proyek dan relevansinya terhadap pemahaman mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Muntok. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_2011117..pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB I_2011117.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (286kB) | Request a copy
BAB II_2011117.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (387kB) | Request a copy
BAB III_2011117.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (235kB) | Request a copy
BAB IV_2011117.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (287kB) | Request a copy
BAB V_2011117.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (156kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2011117.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (206kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PJBL) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) serta relevansinya terhadap pemahaman siswa di SMA Negeri 1 Muntok. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi dan juga relevansi dari model pembelajaran berbasis proyek terhadap pemahaman mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Muntok.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, yakni dengan menjabarkan hasil penelitian yang mendalam dengan menguraikan data yang didapatkan. Lokasi penelitian ini di SMA Negeri 1 Muntok. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
wawancara dengan kepala sekolah, wakil kepala kurikulum, serta dua guru PAI, serta dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PJBL dalam pembelajaran PAI dimulai dari tahap perencanaan yang matang dengan dukungan penuh dari pihak sekolah, pelaksanaan yang bersifat partisipatif di mana siswa terlibat aktif, dan evaluasi yang menilai proses serta hasil proyek. Model PJBL juga terbukti relevan terhadap pemahaman mata pelajaran PAI. Siswa mampu memahami konsep secara lebih mendalam, menerapkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari, serta menunjukkan peningkatan motivasi dan minat belajar. Pembelajaran yang berpusat pada siswa ini menjadikan siswa lebih kritis, kreatif, dan bertanggung jawab.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | model pembelajaran; project based learning; pendidikan agama Islam |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Cahyo Yufeca |
| Date Deposited: | 06 Sep 2025 14:18 |
| Last Modified: | 09 Sep 2025 03:24 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3668 |
