Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Penanaman nilai-nilai keislaman melalui Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Baiturrahman Unit 042 Desa Simpang Gong

Yusika, Dela (2025) Penanaman nilai-nilai keislaman melalui Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Baiturrahman Unit 042 Desa Simpang Gong. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal _ 2011151.pdf] Text
Halaman Awal _ 2011151.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I _ 2011151.pdf] Text
BAB I _ 2011151.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (369kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_ 2011151.pdf] Text
BAB II_ 2011151.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (524kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_ 2011151.pdf] Text
BAB III_ 2011151.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (390kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_ 2011151.pdf] Text
BAB IV_ 2011151.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_ 2011151.pdf] Text
BAB V_ 2011151.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (228kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_ 2011151.pdf] Text
Daftar Pustaka_ 2011151.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (349kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya nilai-nilai keislaman seperti, nilai aqidah, nilai ibadah, dan nilai akhlak, masih menjadi persoalan yang terjadi di TPA Baiturrahman ini. Hal ini dibuktikan dengan sejumlah santri belum menunjukan sikap yang sesuai saat pelaksanaan kegiatan keagamaan, khususnya ketika melaksanakan sholat berjamaah, banyak diantara mereka yang kurang serius dalam mengikuti praktik sholat berjamaah seperti, tidak mengikuti gerakan sholat dengan benar, dan menunjukan sikap kurang sopan kepada ustādzah. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses, tantangan dan dampak pada penanaman nilai-nilai keislaman melalui Taman Pendidikan Al- Qur’an (TPA) Baiturrahman Unit 042 Desa Simpang Gong.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan dekskriptif. Sumber data dalam penelitian adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik Kesimpulan.

Hasil penelitian ini diketahui bahwa proses penanaman nilai-nilai keislaman melalui program dalam pendidikan Islam, metode serta strategi pembelajaran. Tantangan dalam penanaman nilai-nilai keislaman di TPA ada 5 yaitu: kurangnya tenaga pendidik, metode pembelajaran,latar belakang berbeda, lingkungan sekitar dan masyarakat, dan waktu belajar yang terbatas, namum meskipun terdapat berbagai tantangan tersebut para ustādzah tetap berusaha menciptakan generasi yang tidak hanya cerdas tetapi juga memiliki karakter yang baik dan akhlak mulia. Dampak dalam penanaman nilai-nilai keislaman di TPA memberikan dampak yang positif kepada santri termasuk adanya peningkatan pemahaman agama Islam dan peningkatan kemampuan beribadah terhadap santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: nilai-nilai keislaman; taman pendidikan al-qur’an
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Dela Yusika
Date Deposited: 04 Sep 2025 08:13
Last Modified: 04 Sep 2025 08:13
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3665

Actions (login required)

View Item
View Item