Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Kontribusi hasil belajar pendidikan agama Islam terhadap persepsi bullying siswa kelas VI di SDN 15 Pangkalpinang

Parwanti, Galu (2025) Kontribusi hasil belajar pendidikan agama Islam terhadap persepsi bullying siswa kelas VI di SDN 15 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2111168.pdf] Text
Halaman Awal_2111168.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (175kB)
[thumbnail of BAB I_2111168.pdf] Text
BAB I_2111168.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (59kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2111168.pdf] Text
BAB II_2111168.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2111168.pdf] Text
BAB III_2111168.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (279kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2111168.pdf] Text
BAB IV_2111168.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (345kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2111168.pdf] Text
BAB V_2111168.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (8kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_2111168.pdf] Text
Daftar Pustaka_2111168.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (15kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mengeksplorasi pengaruh
hasil belajar pendidikan agama islam terhadap persepsi bullying siswa, serta hasil belajar pendidikan agama islam memberikan kontribusi terhadap persepsi bullying siswa kelas VI di SDN 15 Pangkalpinang.

Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif metode
regresi, populasi pada penelitian adalah semua siswa kelas VI sebanyak 70.
Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Instrumen pada penelitian ini menggunakan berupa angket persepsi bullying dengan skala likert, dengan koefesien reliabilitas sebesar 0,754 sedangkan untuk variabel hasil belajar pendidikan agama islam menggunakan teknik dokumentasi yang diambil dari hasil ujian akhir semester.

Berdasarkan perhitungan nilai F hitung sebesar 117.738354 dengan tingkat
signifikansi -0,453<0,05. Hal ini menunjukkan adanya hubungan antara variabel X dan Y dalam kondisi saling memengaruhi, dan nilai R square sebesar 0.12686117. R square menunjukkan koefisien determinasi (persen) merupakan besarnya variasi yang ditimbulkan oleh variabel bebas (hasil belajar pendidikan agama islam) yaitu 12,68% variasi variabel hasil belajar Pendidikan Agama Islam disebabkan oleh persepsi bullying, semantara sisanya 8,74% dijelaskan oleh variabel bebas lain atau prediktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: hasil belajar pendidikan agam Islam; persepsi bullying
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.8 Manusia Dalam Pendidikan, Diskriminasi Dalam Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Galu Parwanti
Date Deposited: 02 Sep 2025 07:43
Last Modified: 02 Sep 2025 07:44
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3647

Actions (login required)

View Item
View Item