Resti, Resti (2025) Pengaruh motivasi belajar siswa ditinjau dari lingkungan sekolah: studi pada siswa SMK N 1 Tempilang Kabupaten Bangka Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syakih Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_2111167.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2111167.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (640kB) | Request a copy
BAB II_2111167.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (549kB) | Request a copy
BAB III_2111167.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (787kB) | Request a copy
BAB IV_2111167.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (716kB) | Request a copy
BAB V_2111167.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (156kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2111167.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (492kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Motivasi belajar merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan
keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran. Namun, kenyataannya di SMK N 1 Tempilang meskipun lingkungan sekolah sudah cukup baik tetapi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti masih tergolong rendah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMK N 1 Tempilang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survey. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 185 siswa yang dipilih secara acak menggunakan metode teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui uji validitas dan reliabilitas. Data yang dikumpul kemudian dianalisis menggunakan regresi linear sederhana.
Berdasarkan hasil analisis menujukkan bahwa terdapat pengaruh positif
dengan motivasi belajar siswa, dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0.575 dan nilai koefisien determinasi sebesar 33,17%. Artinya, lingkungan sekolah mempengaruhi sebesar 33.17% terhadap peningkatan motivasi belajar, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Semakin baik kondisi lingkungan sekolah,maka semakin tinggi pula motivasi belajar yang dimiliki siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | motivasi belajar siswa; lingkungan sekolah; pendidikan agama Islam |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Resti Resti |
| Date Deposited: | 02 Sep 2025 07:31 |
| Last Modified: | 02 Sep 2025 07:31 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3630 |
