Yuwiza, Dinar (2025) Pengaruh kultur k-pop terhadap nilai-nilai akhlak peserta didik di MAN 1 Bangka Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1811054.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (2MB)
BAB I_1811054.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (234kB) | Request a copy
BAB II_1811054.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (300kB) | Request a copy
BAB III_1811054.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (411kB) | Request a copy
BAB IV_1811054.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (418kB) | Request a copy
BAB V_1811054.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (130kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1811054.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (184kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Kultur K-Pop yang berkembang pesat melalui media sosial dan berbagai platfom digital dinilai memiliki dampak terhadap pola pikir, sikap, dan perilaku remaja, termasuk dalam hal pembentukan karakter dan akhlak. Di satu sisi, kultur ini bisa memberikan inspirasi dalam hal kedisiplinan dan kerja keras. Namun disisi lain, tedapat kekhawatiran bahwa intensitas keterlibatan peserta didik dalam dunia K-pop dapat mempengaruhi nilai-nilai akhlak yang seharusnya di junjung tinggi, terutama di lingkungan pendidikan berbasis agama seperti Madrasah. Sehingga peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian ini, yang bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh antara kultur K-pop terhadap nilai-nilai akhlak peserta didik di MAN 1 Bangka Barat.
Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Adapun sampel penelitian berjumlah 238 siswa yang dipilih secara acak dari total populasi 621 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket skala likert, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kultur K-pop memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai-nilai akhlak peserta didik. Berdasarkan analisis data uji t, nilai r hitung (23,065) > t tabel (1,969), dengan demikian dapat dikatakan H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat juga di liat dari hasil Sig yang di peroleh, menunjukan nilai sig (< 0.001) < 0.05 yang berarti adanya pengaruh signifikan antara kultur K-pop dengan nilai-nilai akhlak peserta didik. Kultur K- pop mempengaruhi nilai-nilai akhlak peserta didik sebesar 69,3%, sedangkan 30,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang pengaruh kultur populer terhadap nilai-nilai akhlak remaja.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | kultur k-pop; akhlak; peserta didik; MAN 1 Bangka Barat |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan; filsafat pendidikan, pendidikan umum; pedadogy/pedagogi/pedagogik 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Dinar Yuwiza |
| Date Deposited: | 28 Aug 2025 08:07 |
| Last Modified: | 28 Aug 2025 08:07 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3625 |
