Fitria, Arini (2025) Pengaruh pedagogik guru sertifikasi terhadap sikap siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas V SDN 10 Koba, Bangka Tengah. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2111020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB 1_2111020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (262kB) | Request a copy
BAB II_2111020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (361kB) | Request a copy
BAB III_2111020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (533kB) | Request a copy
BAB IV_2111020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (398kB) | Request a copy
BAB V_2111020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (178kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2111020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (209kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Ditemukan rendahnya prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PAIBP dari aspek kognitif, diantaranya ada beberapa siswa yang belum mencapai KKM 71. Hal ini dibuktikan pada nilai sumatif akhir semester (SAS), dari 35 siswa yang mencapai KKM sebanyak 32 siswa dan 3 siswa yang belum mencapai KKM. Dari segi afektif, terdapat beberapa siswa yang kurang menunjukkan kesantunan dalam berbicara, seperti menggunakan kata-kata kasar. Dari segi psikomotorik, ada siswa yang tidak datang tepat waktu saat mengikuti shalat berjamaah di sekolah.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian survey. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 10 Koba. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi yang berjumlah 35 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pedagogik guru sertifikasi berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 77,00; 2) sikap siswa juga berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 78,94; 3) pedagogik guru sertifikasi berpengaruh secara signifikan terhadap sikap siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas V SDN 10 Koba Bangka Tengah. Dari hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (2,207 > 1,690) dan nilai signifikansi (0,034 < 0,05), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kemudian hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh persamaan Y = 59.094 + 0,258. Berdasarkan uji determinasi diperoleh nilai (R2) sebesar 0,129 atau 12,9% dan sisanya 87,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijadikan variabel dalam penelitian ini.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | pedagogik; guru sertifikasi; sikap siswa; pendidikan agama Islam dan budi pekerti |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Arini Fitria |
| Date Deposited: | 25 Aug 2025 07:22 |
| Last Modified: | 25 Aug 2025 07:22 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3617 |
