Kiftiyah, Maryatul (2025) Pengaruh pengajian guru kampung terhadap perilaku keberagamaan remaja di Desa Payabenua Kecamatan Mendo Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2111030.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (875kB)
BAB I_2111030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (269kB) | Request a copy
BAB II_2111030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (300kB) | Request a copy
BAB III_2111030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (398kB) | Request a copy
BAB IV_2111030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (441kB) | Request a copy
BAB V_2111030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (151kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2111030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (188kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilatarbelakangi menurunnya kualitas perilaku keberagamaan remaja di tengah arus globalisasi dan perkembangan teknologi informasi yang pesat. Banyak remaja mengalami penurunan minat dalam menjalankan ibadah seperti salat, kurang menunjukkan adab terhadap orang tua dan guru, serta terpengaruh oleh gaya hidup bebas yang bertentangan dengan ajaran agama. Fenomena seperti pergaulan bebas, hilangnya rasa malu, rendahnya rasa tanggung jawab terhadap nilai-nilai agama, serta lemahnya kesadaran spiritual menjadi masalah nyata dalam kehidupan remaja saat ini.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif asosiatif. Sampel berjumlah 40 remaja yang aktif mengikuti pengajian di Desa Payabenua, dengan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan berupa angket skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya untuk memastikan keabsahan data.
Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa pengajian guru kampung tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku keberagamaan remaja, dengan nilai signifikansi sebesar 0,605 (p > 0,05) dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,007. Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun pengajian guru kampung memiliki nilai penting dalam pembinaan keagamaan, namun faktor lain di luar pengajian lebih dominan memengaruhi perilaku keberagamaan remaja. Dengan demikian, hipotesis nol (H₀) diterima dan hipotesis alternatif (Hₐ) ditolak.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | guru kampung; perilaku keberagamaan |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Maryatul Kiftiyah |
| Date Deposited: | 25 Aug 2025 07:28 |
| Last Modified: | 25 Aug 2025 07:28 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3615 |
