Santika, Dewi (2025) Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan karakter kedisiplinan siswa di SMP Muhammadiyah Koba. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_2111165.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2111165.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (560kB) | Request a copy
BAB II_2111165.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III_2111165.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (424kB) | Request a copy
BAB IV_2111165.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V_2111165.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (225kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2111165.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (331kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu masih kurangnya karakter kedisiplinan siswa yang ditanamkan pada peserta didik, sering kali peserta didik susah diatur dan masih banyak peserta didik yang melanggar peraturan sekolah perlu adanya strategi guru Pendidikan Islam adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang terencara untuk mencapai tujuan secara efektif dan efesien. yaitu dengan menerapkan reward dan punishment untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang diterapkan guru Pendidikan Agama Islam dan mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan karakter kedisiplinan siswa di SMP Muhammadiyah Koba.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diataranya observasi wawancara, dan dokumentasi, analisis data yang digunakan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan karakter kedisiplinan siswa di SMP Muhammadiyah Koba melalui pemberian reward dan punishment yang bervariasi sudah diterapkan dengan baik, serta meningkatkan motivasi belajar. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan karakter kedisiplinan siswa, yaitu faktor pendukung meliputi kesadaran siswa sendiri, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah. Faktor penghambat yaitu kurangnya kesadaran diri siswa, pembinaan orang tua yang kurang, pengaruh teman sebaya, serta pemberian punishment harus sesuai dengan pelanggaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | strategi; meningkatkan karakter kedisiplinan siswa |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Dewi Santika |
| Date Deposited: | 25 Aug 2025 05:08 |
| Last Modified: | 25 Aug 2025 05:08 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3602 |
