Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Kompetensi profesional guru PAI dalam meningkatkan keterampilan baca tulis Al-qur’an pada siswa kelas IV SD Negeri 25 Mendo Barat

Salimah, Salimah (2025) Kompetensi profesional guru PAI dalam meningkatkan keterampilan baca tulis Al-qur’an pada siswa kelas IV SD Negeri 25 Mendo Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1811268.pdf] Text
Halaman Awal_1811268.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (336kB)
[thumbnail of BAB I_1811268.pdf] Text
BAB I_1811268.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (131kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1811268.pdf] Text
BAB II_1811268.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (652kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1811268.pdf] Text
BAB III_1811268.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (328kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1811268.pdf] Text
BAB IV_1811268.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (370kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1811268.pdf] Text
BAB V_1811268.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (290kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_1811268.pdf] Text
Daftar Pustaka_1811268.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (413kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Guru PAI di SD Negeri 25 Mendo Barat menghadapi tantangan tersendiri dalam mengajarkan keterampilan baca tulis Al-Qur'an kepada siswa. Beragamnya tingkat kemampuan siswa, keterbatasan waktu pembelajaran, dan kurangnya media pendukung sering kali menjadi kendala yang harus diatasi oleh guru. Oleh karena itu, diperlukan kompetensi profesional yang memadai untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang adaptif dan efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi profesional guru, faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada siswa kelas IV SD Negeri 25 Mendo Barat.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pendekatan ini bertujuan untuk memahami secara mendalam bagaimana kompetensi profesional guru PAI memengaruhi peningkatan kemampuan baca tulis Al-Qur'an siswa kelas IV serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian adalah studi kasus. Penelitian ini difokuskan pada guru PAI dan siswa kelas IV di SD Negeri 25 Mendo Barat untuk mendapatkan gambaran spesifik terkait permasalahan yang diteliti.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI di SD Negeri 25 Mendo Barat memiliki kompetensi profesional yang baik dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa. Terdapat berbagai faktor pendukung dan penghambat dalam upaya guru PAI meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an. Faktor pendukung meliputi peran aktif orang tua yang memberikan motivasi dan menciptakan lingkungan belajar di rumah, serta dukungan kepala sekolah dalam menyediakan fasilitas dan mengawasi jalannya program keagamaan. Terdapat pula sejumlah kendala yang menghambat proses pembelajaran, seperti kurangnya minat dan semangat siswa, kondisi kelas yang tidak kondusif, kesulitan guru dalam memilih metode yang tepat, keterbatasan sarana dan prasarana, serta rendahnya kemampuan dasar siswa dalam mengenali huruf hijaiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: kompetensi profesional; guru pai; baca tulis al-qur’an
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Salimah Salimah
Date Deposited: 25 Aug 2025 08:02
Last Modified: 25 Aug 2025 08:03
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3592

Actions (login required)

View Item
View Item