Suriati, Suriati (2025) Pengaruh disiplin guru terhadap prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PAI SD Negeri 14 Riau Silip Bangka. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1811273.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (785kB)
BAB I_1811273.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (329kB) | Request a copy
BAB II_1811273.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (382kB) | Request a copy
BAB III_1811273.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (326kB) | Request a copy
BAB IV_1811273.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (216kB) | Request a copy
BAB V_1811273.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (119kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1811273.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (115kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Hakikatnya disiplin guru merupakan hal yang positif yang mempengaruhi keberhasilan di sekolah termasuk prestasi para siswanya. Hal ini yang menjadi permasalahan apakah benar hakikatnya demikian? Sehingga muncul rumusan masalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin guru terhadap prestasi belajar siswa?
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh disiplin guru terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, lokasi penelitian terletak di SD Negeri 14 Riau Silip. Populasi penelitian yaitu siswa SD kelas V dan pengambilan sampel menggunakan teori Arikunto dimana jika populasi kurang dari 100, maka sampel diambil seluruhnya. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan nilai rapor. Teknik analisis yang digunakan yaitu regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin guru memiliki pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PAI SD Negeri 14 Riau Silip Bangka. Hal ini bias dilihat dari dua hasil analisis. Pertama, hasil analisis diperoleh nilai signifikansi 0,014 yang artinya lebih kecil daripada 0,05. Kedua, hasil analisis diperoleh nilai Fhitung lebih besar daripada Ftabel (9,766 > 5,32).
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | disiplin guru; prestasi belajar; pendidikan agama islam; sd |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Suriati Suriati |
| Date Deposited: | 20 Aug 2025 08:22 |
| Last Modified: | 20 Aug 2025 08:22 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3591 |
