Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Kemampuan membaca Al-Qur'an mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Angkatan 2021 di Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Rahayu, Nelly (2025) Kemampuan membaca Al-Qur'an mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Angkatan 2021 di Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung.

[thumbnail of Halaman Awal_2111114.pdf] Text
Halaman Awal_2111114.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (861kB)
[thumbnail of BAB I_2111114.pdf] Text
BAB I_2111114.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (297kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2111114.pdf] Text
BAB II_2111114.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (381kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2111114.pdf] Text
BAB III_2111114.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (471kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2111114.pdf] Text
BAB IV_2111114.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (485kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2111114.pdf] Text
BAB V_2111114.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (156kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_2111114.pdf] Text
Daftar Pustaka_2111114.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (198kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) angkatan 2021 di IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Fokus utama penelitian ini meliputi sejauh mana kemampuan membaca Al-Qur’an mahasiswa, serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran membaca Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes membaca Al-Qur’an dan penyebaran angket kepada mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik menggunakan analisis univariat, mencakup distribusi frekuensi, rata-rata (mean), median, modus, serta ukuran dispersi seperti standar deviasi dan varians.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an mahasiswa secara umum berada pada kategori baik, dengan mayoritas mahasiswa memperoleh skor tinggi, terutama dalam aspek kelancaran dan tajwid. Namun, masih ditemukan kelemahan pada aspek makhraj, khususnya pada mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan umum (SMA/SMK). Faktor pendukung yang dominan meliputi minat, dukungan keluarga, peran dosen, dan fasilitas belajar. Sementara itu, faktor penghambat terdiri dari rendahnya motivasi, kurangnya kebiasaan membaca, lingkungan sosial yang kurang mendukung, dan rendahnya tingkat self-efficacy. Temuan ini menunjukkan perlunya strategi pembelajaran Al-Qur’an yang lebih intensif dan berkelanjutan, terutama dalam penguatan aspek makhraj serta motivasi dan pembiasaan membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: kemampuan membaca Al-Qur’an; mahasiswa PAI; faktor pendukung; faktor penghambat
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Nelly Rahayu
Date Deposited: 20 Aug 2025 04:38
Last Modified: 21 Aug 2025 05:09
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3578

Actions (login required)

View Item
View Item