Ardiansah, Ahmad (2025) Pengaruh model pembelajaran kooperatif NHT: numbered head together terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTS Negeri 1 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB) | Request a copy
BAB I_1911006.pdf - Accepted Version
Download (570kB)
BAB II_1911006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (692kB) | Request a copy
BAB III_1911006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (637kB) | Request a copy
BAB IV_1911006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (816kB) | Request a copy
BAB V_1911006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (364kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (491kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya partispasi belajar yang memicu rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar pengaruh model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak peserta didik. Penelitian ini dilakukan di MTS N 1 Pangkalpinang dengan menggunakan model pembelajaran NHT.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasy eksperimen, dengan menggunakan desain nonequialent control group design. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan 20 soal pilihan ganda pre-test dan post test, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji-t dengan rumus paired samples test, dan uji kolmogrof smirnof t-test 2 dengan rumus independent samples test.
Berdasarkan perhitungan data hasil tes yang telah dilakukan, penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pevmbevlajaran NHT memberikan pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak. Divbuktivkan dengan uji hipotesis dengan uji kolmogrof smirnof 2 sampel dengan rumus independent samples test diperoleh thitung 2.390 ttabel 1.997, maka thitung > ttabel yaitu 2.390 > 1.997 dan nilai sig > α yaitu 0,020 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha ditevrima, dengan taraf signifikan α 5% (0,05). Berdasarkan dari hasil pre-test dan post-test nilai rata-rata post-test kelas eksperimen setelah diterapkan model pembelajaran NHT meningkat signifikan yakni sebesar 18,13 dari rata-rata pre-test. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan setelah menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) daripada model konvensional.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | model; nht; hasil belajar |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Ahmad Ardiansah |
| Date Deposited: | 19 Aug 2025 07:25 |
| Last Modified: | 19 Aug 2025 07:27 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3575 |
