Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pembinaan karakter disiplin peserta didik kelas XI di SMAN 4 Pangkalpinang

Inakawati, Siti (2020) Pembinaan karakter disiplin peserta didik kelas XI di SMAN 4 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL _1611027.pdf] Text
HALAMAN AWAL _1611027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I _1611027.pdf] Text
BAB I _1611027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[thumbnail of BAB II _1611027.pdf] Text
BAB II _1611027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[thumbnail of BAB III_1611027.pdf] Text
BAB III_1611027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[thumbnail of BAB IV _1611027.pdf] Text
BAB IV _1611027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[thumbnail of BAB V _1611027.pdf] Text
BAB V _1611027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA _1611027.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA _1611027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi di SMAN 4 Pangkalpinang adalah rendahnya sikap disiplin peserta didik yang berkaitan dengan pelanggaran tata tertib sekolah. Contoh dari sikap tidak disiplin tersebut yaitu peserta didik datang terlambat, sering membolos, sering berkelahi, tidak memakai ikat pinggang dan dasi. Selain itu ada juga masalah kedisiplinan yang berkaitan dengan kurangnya kedisiplinan peserta didik saat proses pembelajaran. Saat di dalam kelas, peserta didik berbuat kegaduhan seperti asyik mengobrol sendiri dengan teman sebangku sehingga menyebabkan informasi yang disampaikan guru tidak dipahami oleh peserta didik
Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yakni penelitian yang bersifat deskriptif. pengumpulan data penulis lakukan dengan metode reduksi data, penyajian data, dan verificatioan data dari hasil wawancara dengan bapak kepala sekolah, guru PAI, guru BK, dan peserta didik kelas XI. penulis juga melakukan pengumpulan data dengan dokumentasi melalui buku-buku, dokumentasi dan gambar-gambar.
Hasil penelitian pembinaan karakter disiplin peserta didik kelas XI di SMAN 4 Pangkalpinang tidak lepas dari perannya kepala sekolah dan guru. Terutama guru PAI dan guru BK. Guru PAI dan guru BK akan bekerja sama dalam membina karakter disiplin peserta didik kelas XI. Pembinaan karakter disiplin peserta didik kelas XI tersebut menggunakan metode. Metode yang paling sering kali digunakan adalah metode reward dan punishment. biasanya reward bagi peserta didik yang disiplin yaitu sebuah pujian. Berbeda dengan peserta didik yang tidak disiplin akan diberikan punishment. Ada 2 faktor yang menjadi kendala dalam membina karakter disiplin peserta didik kelas XI yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari diri peserta didik. Sedangkan faktor eksternal berasal dari lingkungan (keluarga dan teman).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pendidikan karakte; disipli; peran guru; metode
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Umi Asih Asnah Zubaidah
Date Deposited: 05 May 2023 08:09
Last Modified: 09 May 2023 04:18
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/355

Actions (login required)

View Item
View Item