Ardiansyah, Fiki (2025) Pengaruh media pembelajaran powerpoint berbasis game animasi terhadap minat belajar PAI siswa kelas VIII SMP N 4 Airgegas. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_2111191.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (966kB)
BAB I_2111191.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (200kB) | Request a copy
BAB II_2111191.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (286kB) | Request a copy
BAB III_2111191.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (359kB) | Request a copy
BAB IV_2111191.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (306kB) | Request a copy
BAB V_2111191.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (75kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2111191.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (138kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Salah satu permasalahan yang sering ditemukan dalam kegiatan belajar mengajar adalah rendahnya minat belajar siswa, khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang dimana biasanya merupakan implikasi dari penggunaan media konvensional seperti buku teks dan papan tulis yang belum mampu mendorong partisipasi aktif siswa. Seiring perkembangan teknologi digital dan kesukaan anak-anak dalam bermain game online, pemanfaatan media pembelajaran berbasis game animasi dalam presentasi PowerPoint diasumsikan dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh media pembelajaran PowerPoint berbasis game animasi terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dan jenis penelitian nya adalah penelitian eksperimen dengan desain one grup pre-test and post-test. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan skala likert 1-5 dan data nya di olah dengan aplikasi SPSS versi 27.0.
Setelah dilakukan penelitian, didapatkan hasil dan kesimpulan untuk menganalsis minat siswa sebelum dan sesudah dbiberi perlakuan dan pengaruh media powerpoint berbasis game animasi terhadap minat belajar PAI siswa. Berdasarkan hasil statistik deskriptif angket pre-test dan post-test terhadap 23 siswa, diketahui bahwa rata-rata skor minat belajar siswa sebelum perlakuan (pre-test) adalah 47,48, sedangkan setelah perlakuan (post-test) meningkat menjadi 54,39 dengan selisih peningkatan sebanyak 6,91 poin. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media PowerPoint berbasis game animasi memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa sehingga mampu meningkatkan minat mereka terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang kemudian sejalan dengan hasil uji Paired Sample t-Test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.001< 0.05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara pre-test dan post-test. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran PowerPoint berbasis game animasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | media belajar; powerpoint berbasis game animasi; minat belajar pai siswa |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Fiki Ardiansyah |
| Date Deposited: | 12 Aug 2025 04:18 |
| Last Modified: | 12 Aug 2025 04:19 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3541 |
