Lolaviati, Krisda (2025) Implementasi nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMPN 2 Simpang Teritip. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2011039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2011039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (264kB) | Request a copy
BAB II_2011039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (367kB) | Request a copy
BAB III_2011039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (232kB) | Request a copy
BAB IV_2011039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (367kB) | Request a copy
BAB V_2011039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (156kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2011039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (224kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Perlunya kesadaran bagi setiap individu bahwasannya negara Indonesia ini merupakan negara multikultural, kesadaran ini merupakan pondasi yang kuat untuk membangun sikap toleransi pada setiap individu bangsa ini. Dengan memberikan pendidikan tentang toleransi harapannya peserta didik bisa menerapkan dalam kehidupan sehari hari sehingga peserta didik lebih toleransi dan dapat menempatkan sikap dalam memahami perbedaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam implementasi nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran Pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMPN 2 Simpang Teritip. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah 1 guru PAI dan 15 orang peserta didik kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan Kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMPN 2 Simpang Teritip dilakukan melalui tiga tahapan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun nilai-nilai toleransi yang telah terimplementasikan di SMPN 2 Simpang Teritip meliputi nilai menghargai, nilai menghormati, nilai bekerjasama dan nilai persaudaraan. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi implementasi nilai-nilai toleransi yaitu fakor pendukung dan penghambat.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | implementasi; toleransi; pendidikan agama Islam |
| Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.5 Etika Islam; Praktik Keagamaan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Krisda Lola Viati |
| Date Deposited: | 12 Aug 2025 05:25 |
| Last Modified: | 12 Aug 2025 07:04 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3538 |
