Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Efektivitas konseling kelompok teknik johari window dalam meningkatkan keterbukaan diri peserta didik kelas VII E SMP Negeri 1 Pangkalanbaru

Kamaliah, Jauharotul (2025) Efektivitas konseling kelompok teknik johari window dalam meningkatkan keterbukaan diri peserta didik kelas VII E SMP Negeri 1 Pangkalanbaru. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2115024.pdf] Text
Halaman Awal_2115024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_2115024.pdf] Text
BAB I_2115024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (410kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2115024.pdf] Text
BAB II_2115024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2115024.pdf] Text
BAB III_2115024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (979kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2115024.pdf] Text
BAB IV_2115024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2115024.pdf] Text
BAB V_2115024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (514kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_2115024.pdf] Text
Daftar Pustaka_2115024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (330kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Dari permasalahan ini, beberapa peserta didik yang keterbukaan dirinya rendah, itu dapat dilihat saat berada di sekolah dan dalam proses pembelajaran, peserta didik cenderung merasa malu untuk berpendapat, merasa malu ketika maju depan kelas, merasa gemetar berhadapan dengan orang banyak, cenderung diam dan enggan untuk bercerita serta pengaruh teknologi dan media. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok teknik johari window dalam meningkatkan keterbukaan diri peserta didik Kelas VII E SMP Negeri 1 Pangkalanbaru, Bangka tengah.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan desain quasi experimental menggunakan tipe one group pretest-posttest design. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi dan angket untuk dilakukannya pretest dalam mengetahui keadaan awal keterbukaan diri kemudian diberikannya perlakuan konseling kelompok teknik johari window yang bertujuan dalam meningkatkan keterbukaan diri peserta didik, setelah itu diberikan kembali posttest kepada peserta didik. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS versi 25 untuk melihat hasil penelitian.

Setelah pelaksanaan penelitian, rata-rata skor pretest peserta didik adalah 78,25 sedangkan skor posttest meningkat menjadi 105,25. Peningkatan keterbukaan diri terlihat dari rata-rata nilai gain score sebesar 0,793. Hasil analisis data dan uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar -11,865 > ttabel 1,894 dengan sig. 0,00 < 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling kelompok dengan teknik johari window efektif dalam meningkatkan keterbukaan diri peserta didik Kelas VII E di SMP Negeri 1 Pangkalanbaru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: keterbukaan diri; johari window; konseling kelompok
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Jauharotul Kamaliah
Date Deposited: 11 Aug 2025 07:18
Last Modified: 11 Aug 2025 07:18
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3535

Actions (login required)

View Item
View Item