Fitriyawati, Fitriyawati (2021) Strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan pembelajaran efektif melalui metode demonstrasi di SD Muhammadiyah Muntok. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1611044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I _1611044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (212kB)
BAB Ii_1611044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (250kB)
BAB III _1611044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (165kB)
BAB IV _1611044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (319kB)
BAB V _1611044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (83kB)
DafftarPustaka_1611044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (163kB)
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilatar belakangi strategi guru PAI dalam meningkatkan pembelajaran efektif melalui metode demonstrasi di SD Muhammadiyah Muntok, berdasarkan observasi yang telah dilakukan oleh peneliti di SD Muhammadiyah Muntok. Strategi guru PAI dalam menjalankan tugasnya, untuk meningkatkan pembelajaran efektif melalui metode demonstrasi berjalan dengan baik. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih mendalam lagi, mengenai bagaimana guru PAI di SD Muhammadiyah berhasil menjalankan strateginya untuk meningkatkan pembelajaran yang efektif.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan informan yang yang diteliti ialah guru PAI dan peserta didik kelas III dan VI di SD Muhammadiyah Muntok.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) strategi guru PAI dalam meningkatkan pembelajaran efektif melalui metode demonstrasi di SD Muhammadiyah Muntok meliputi strategi pada tahap awal (pra instruksional), tahap pengajaran (intruksional), dan tahap evaluasi dan tindak lanjut. (2) faktor- faktor pendukung guru PAI dalam meningkatkan pembelajaran efektif di SD Muhammadiyah Muntok ialah faktor dari peserta didik, misalnya faktor kondisi peserta didik. Dalam kegiatan pembelajaran kondisi peserta didik tentu sangat mendukung pembelajaran efektif, kondisi disini maksudnya apakah mereka dalam kondisi yang sehat atau sakit. Faktor dari guru, guru juga mendukung meningkatkan pembelajaran efektif. Kesiapan guru dalam hal menguasai materi ajar juga merupakan faktor yang mempengaruhi pembelajaran efektif. Selanjutnya lingkungan belajar juga termasuk faktor yang mendukung pembelajaran efektif di SD Muhammadiyah Muntok, seperti halnya lengkap atau tidaknya sarana dan prasana tentu sangat mempengaruhi pembelajaran. Apabila pembelajaran itu berkaitan dengan materi sholat dan wudhu, maka tersedianya tempat wudhu dan mushola untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang efektif.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | strategi guru pai; pembelajaran efektif; metode demonstrasi. |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Hilda Aryani |
| Date Deposited: | 08 Aug 2025 05:52 |
| Last Modified: | 08 Aug 2025 05:52 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3529 |
