Fitriyanti, Fitriyanti (2021) Pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 10 Simpang Rimba. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1711052.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I_1711052.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (141kB)
BAB II_1711052.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (160kB)
BAB III_1711052.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (269kB)
BAB IV_1711052.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (248kB)
BAB V_1711052.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (32kB)
DAFTAR PUSTAKA_1711052.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (39kB)
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Rendahnya hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah rendahnya tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan: Apakah ada pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri 10 Simpang Rimba.
Untuk mencapai tujuan di atas, jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik analisis asosiatif. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y = 54.761 + 1.060X1 + 0.129X2. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar dengan sig sebesar 0,01 < 0,05 dan thitung 3,441 > ftabel 1,997. Terdapat juga pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan sig 0,079 < 0,05 dan thitung 1,784 > ttabel1,997. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan sig sebesar 0,002 < 0,05 dan fhitung 6,924 > ftabel 3,14. Dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa merupakan fator yang saling berpengaruh terhadap variabel tersebut.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | tingkat pendidikan orang tua; motivasi belajar; hasil belajar |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan, Riset Penelitian Ilmu Pendidikan, Riset Penelitian Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Hilda Aryani |
| Date Deposited: | 08 Aug 2025 05:18 |
| Last Modified: | 08 Aug 2025 05:18 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3528 |
