Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 10 Simpang Rimba

Fitriyanti, Fitriyanti (2021) Pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 10 Simpang Rimba. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL_1711052.pdf] Text
HALAMAN AWAL_1711052.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I_1711052.pdf] Text
BAB I_1711052.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[thumbnail of BAB II_1711052.pdf] Text
BAB II_1711052.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[thumbnail of BAB III_1711052.pdf] Text
BAB III_1711052.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[thumbnail of BAB IV_1711052.pdf] Text
BAB IV_1711052.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[thumbnail of BAB V_1711052.pdf] Text
BAB V_1711052.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_1711052.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_1711052.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)

Abstract

INDONESIA:

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Rendahnya hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah rendahnya tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan: Apakah ada pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri 10 Simpang Rimba.

Untuk mencapai tujuan di atas, jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik analisis asosiatif. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa.

Berdasarkan hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y = 54.761 + 1.060X1 + 0.129X2. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar dengan sig sebesar 0,01 < 0,05 dan thitung 3,441 > ftabel 1,997. Terdapat juga pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan sig 0,079 < 0,05 dan thitung 1,784 > ttabel1,997. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan sig sebesar 0,002 < 0,05 dan fhitung 6,924 > ftabel 3,14. Dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa merupakan fator yang saling berpengaruh terhadap variabel tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: tingkat pendidikan orang tua; motivasi belajar; hasil belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan, Riset Penelitian Ilmu Pendidikan, Riset Penelitian Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Hilda Aryani
Date Deposited: 08 Aug 2025 05:18
Last Modified: 08 Aug 2025 05:18
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3528

Actions (login required)

View Item
View Item