Rosidah, Siti (2023) Korelasi tingkat pendidikan formal orangtua terhadap motivasi belajar siswa kelas V dan VI di SD N 7 dan SD N 8 Kecamatan Mendobarat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1811204.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (3MB)
BAB 1_ NIM 1811204.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (480kB) | Request a copy
BAB II_NIM 1811204.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (581kB) | Request a copy
BAB III_NIM 1811204.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (260kB) | Request a copy
BAB IV_NIM 1811204.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (284kB) | Request a copy
BAB V_NIM 1811204.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (196kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_NIM 1811204.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (401kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara Tingkat Pendidikan Formal Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V dan VI Di SD N 7 dan SDN 8 Kecamatan MendoBarat. Penelitian ini merupakan hasil kajian rumusan masalah, Apakah tingkat pendidikan formal orang tua behubungan terhadap motivasi belajar peserta didik di Siswa Kelas V dan VI Di SD N 7 dan SDN 8 Kecamatan MendoBarat., serta seberapa besar korelasi tingkat pendidikan formal orang tua terhadap motivasi belajar Siswa Kelas V dan VI di SD N 7 dan SDN 8 Kecamatan MendoBarat.
Metode penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian Kuantitatif metode korelasi. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode angket skala likert. Sedangkan teknik pengolahan datanya menggunakan teknik korelasi rank spearman sebagai teknik analisis data dengan bantuan program SPSS versi 26.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif dan signifikan antara variabel X (tingkat pendidikan formal orang tua) dengan Variabel Y (motivasi belajar). Hal ini dapat dilihat dari hasil output SPSS versi 26 yaitu nilai koefisien korelasi sebesar 0,439** dengan taraf signifikansi 0,00, yang artinya adanya korelasi positif dan signifikan antara variabel X (tingkat pendidikan formal orang tua) dengan Variabel Y (Motivasi Belajar).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | tingkat pendidikan formal; motivasi belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan, Riset Penelitian Ilmu Pendidikan, Riset Penelitian Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.0 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Siti Rosidah |
Date Deposited: | 05 May 2023 04:36 |
Last Modified: | 05 May 2023 04:36 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/352 |