Ramadhani, Azriel (2025) Implementasi metode kibar dalam pembelajaran Al-qur’an di Madrasah Diniyah Takmiliyah Nurul Islam Desa Nibung Koba Bangka Tengah. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (997kB)
BAB I_1911029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (242kB) | Request a copy
BAB II_1911029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (378kB) | Request a copy
BAB III_1911029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (119kB) | Request a copy
BAB IV_1911029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (207kB) | Request a copy
BAB V_1911029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (69kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (159kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Pada masa usia anak yang terhitung masih dini tentunya anak masih mengalami kesulitan dalam membaca khususnya membaca Al-Qur’an. Untuk mendukung kegiatan membaca Al-Qur’an, maka diperlukan metode sebagai penunjang dalam kegiatan pembelajaran seperti membaca Al-Qur’an. Salah satu metode yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa adalah melalui metode Kibar. Metode Kibar yaitu, metode yang dimulai dari huruf yang hampir sama bunyinya dan lafadznya. Metode yang langsung mengenalkan huruf sambungnya dan tidak banyak pengulangan contoh-contohnya. Namun, dalam hal ini tidak terlepas dari peran pendidik. Adapun tujuan dari penelitian adalah ini untuk mengetahui bagaimana implementasi metode kibar dan apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dari implementasi metode kibar tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 Guru di Madrasah Diniyah Takmiliyah Nurul Islam Desa Nibung Koba Bangka Tengah. Adapun teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengelolaan data menggunakan cara analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penerapan metode kibar dalam penerapannya sama dengan metode umum Dan yang menjadi pendukung pendidik dalam penerapan metode kibar di Madrasah Diniyah Takmiliyah Nurul Islam di Desa Nibung Koba Bangka Tengah pendukung ini tidak hanya didapatkan di dalam madrasah, tapi bisa juga didapatkan di luar lingkungan madrasah, seperti lingkungan keluarga yang didapatkan oleh Peserta didik dan tersedianya perangkat pembelajaran yang dapat digunakan sebagai penunjang dalam kegiatan belajar mengajar merupakan faktor yang sangat penting agar dapat tercapainya tujuan dari pembelajaran itu sendiri. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu, Peserta didik membaca Kibar hanya ketika sewaktu mengaji di madrasah saja dan Peserta didik memiliki ragam kemampuan dalam menerima pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | implementasi; metode kibar; pembelajaran al-qur’an |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Azriel Ramadhani |
| Date Deposited: | 20 Aug 2025 08:09 |
| Last Modified: | 20 Aug 2025 08:09 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3517 |
