Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pola interaksi sosial antara siswa muslim dan non-muslim dalam perspektif Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 25 Belinyu

Sabrina, Dea (2025) Pola interaksi sosial antara siswa muslim dan non-muslim dalam perspektif Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 25 Belinyu. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL_2111052.pdf] Text
HALAMAN AWAL_2111052.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (809kB)
[thumbnail of BAB I_2111052.pdf] Text
BAB I_2111052.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (125kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2111052.pdf] Text
BAB II_2111052.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (253kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2111052.pdf] Text
BAB III_2111052.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (123kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2111052.pdf] Text
BAB IV_2111052.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (210kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2111052.pdf] Text
BAB V_2111052.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (37kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_2111052.pdf] Text
Daftar Pustaka_2111052.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (110kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA :
Dalam perspektif Pendidikan Agama Islam, sekolah berperan penting dalam menanamkan nilai toleransi dan saling menghargai antar umat beragama, baik di dalam maupun di luar sekolah. Pendidikan agama di SD Negeri 25 Belinyu mendorong siswa untuk memahami dan mengaplikasikan nilai-nilai toleransi dalam kehidupan sehari-hari.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi khasus. Data dikumpulkan dari observasi dan wawancara serta bukti dokumentasi yang relevan dari hasil penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pola interaksi sosial antara siswa muslim dan non-muslim di SD Negeri 25 Belinyu berjalan harmonis berkat sikap saling menghargai dan keterbukaan meskipun ada perbedaan agama. Pendidikan agama yang mengajarkan toleransi, moderasi beragama, dan saling menghormati menjadi faktor utama yang mempengaruhi interaksi ini. Secara keseluruhan, meskipun ada perbedaan agama, interaksi sosial di sekolah ini berlangsung dengan sangat baik, menciptakan suasana yang toleran dan mendukung keberagaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: interaksi sosial; muslim dan non- muslim; perspektif pendidikan agama Islam
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Dea Sabrina
Date Deposited: 30 Jul 2025 07:16
Last Modified: 30 Jul 2025 07:16
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3498

Actions (login required)

View Item
View Item