Fitriyanti, Fitriyanti (2025) Pengaruh metode resitasi dan motivasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Bakam. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1711051.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (955kB)
BAB I_1711051.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (227kB)
BAB II_1711051.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (360kB)
BAB III_1711051.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (242kB)
BAB IV_1711051.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (358kB)
BAB V_1711051.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (120kB)
DAFTAR PUTSAKA_1711051.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (167kB)
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode resitasi dan motivasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Bakam. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode kuantitatif, dengan menggunakan regresi linier berganda, sebagai teknik analisis data. Hasil validasi instrumen menunjukan koefesien reliabilitas instrumen metode resitasi sebesar 0,770, sedangkan untuk koefesien reliabilitas instrumen motivasi sebesar 0,722.
Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara metode resitasi dan motivasi terhadap hasil belajar. Hasil aalisis data dimana dengan persamaan regresi Y=5.959+0,875X1+1.165X2. Persamaan ini menunjukan apabila metode resitasi naik sebesar satu satuan maka hasil belajar meningkat sebesar 0,875. Sedangkan apabila motivasi naik sebesar satu satuan maka hasil belajar meningkat sebesar 1.165, serta besarnya persentase pengaruh metode resitasi dan motivasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Bakam sebesar 30,2% sedangkan 69,8% di pengaruhi oleh faktor lain seperti aktivitas belajar, lingkungan belajar serta minat siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | tingkat pendidikan orang tua; motivasi belajar; hasil belajar. |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Depositing User: | Hilda Aryani |
| Date Deposited: | 08 Aug 2025 04:25 |
| Last Modified: | 08 Aug 2025 04:54 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3490 |
