Agustiani, Ririn (2025) Peran guru pendidikan agama Islam dalam menegakkan disiplin shalat dzuhur berjamaah peserta didik di SMA Negeri 1 Sungaiselan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2111117.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (924kB)
BAB I_2111117.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (324kB) | Request a copy
BAB II_2111117.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (464kB) | Request a copy
BAB III_2111117.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (299kB) | Request a copy
BAB IV_2111117.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (441kB) | Request a copy
BAB V_2111117.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (188kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2111117.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (225kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Latar belakang penelitian ini adalah tentang peran guru pendidikan agama
Islam dalam menegakkan disiplin shalat dzuhur berjamaah di sekolah dengan sangat tegas, mengingat banyaknya pengaruh yang membuat peserta didik tidak disiplin bahkan tidak melaksanakan shalat dzuhur berjamah di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam dalam menegakkan disiplin shalat dzuhur berjamaah pada peserta didik di SMA Negeri 1 Sungaiselan (2) Untuk mengetahui tantangan guru pendidikan agama Islam dalam menegakkan disiplin shalat dzuhur berjamaah peserta didik di SMA Negeri 1 Sungaiselan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan memperpanjang waktu keikutsertaan peneliti dilapangan, meningkatkan ketekunan, dan trigulasi.
Hasil penelitian dapat peneliti simpulkan bahwa: 1) guru pendidikan agama
Islam memiliki peran strategis dalam menegakkan disiplin shalat dzuhur berjamaah antara lain: memberikan pemahaman dan dorongan kepada peserta didik tentang pentingnya shalat, mengajak dan membimbing peserta didik untuk melaksanakan shalat dzuhur berjamaah, memberikan contoh kepada peserta didik untuk melaksanakan shalat dzuhur berjamaah, melakukan evaluasi untuk melihat perkembangan disiplin shalat dzuhur berjamaah peserta didik. 2) Dalam menegakkan disiplin shalat dzuhur berjamaah peserta didik, guru pendidikan agama Islam menghadapi beberapa tantangan seperti, kurangnya kesadaran dari peserta didik, dukungan yang belum optimal dari berbagai pihak seperti, pihak sekolah,
pihak pertemanan peserta didik, dan orang tua. Meskipun demikian, berbagai upaya terus dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam untuk menegakkan disiplin shalat dzuhur berjamaah peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | guru pendidikan agama Islam; disiplin; shalat dzuhur berjamaah |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.5 Disiplin Sekolah dan Aktivitas yang Berkaitan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar, Ahli Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Ririn Agustiani |
| Date Deposited: | 23 Jul 2025 05:38 |
| Last Modified: | 23 Jul 2025 05:38 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3485 |
