Annysha, Annysha (2025) Pengaruh media sosial instagram terhadap perilaku keagamaan mahasiswa PAI IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Angkatan 2024. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2111050.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2111050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (361kB) | Request a copy
BAB II_2111050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (399kB) | Request a copy
BAB III_2111050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (475kB) | Request a copy
BAB IV_2111050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (780kB) | Request a copy
BAB V_2111050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (161kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2111050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (243kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Perkembangan teknologi digital telah mendorong perubahan signifikan dalam cara individu mengakses dan menginternalisasi nilai-nilai keagamaan, termasuk di kalangan mahasiswa. Dalam era digital, Instagram menjadi salah satu platform utama yang digunakan mahasiswa untuk memperoleh berbagai informasi, termasuk konten-konten keagamaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh dan seberapa besar pengaruh media sosial Instagram terhadap perilaku keagamaan mahasiswa PAI IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung angkatan 2024. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode angket. Persamaan regresi linear sederhana yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah Y = 6,192 + 0,538X + 4,842 yang menunjukkan bahwa setiap peningkatan satu satuan penggunaan media sosial Instagram akan meningkatkan perilaku keagamaan sebesar 0,538 satuan, dengan standar error estimasi sebesar 4,842.
Hasil penelitian ini diketahui bahwa terdapat pengaruh positif yang sangat signifikan antara variabel media sosial instagram (x) terhadap perilaku keagamaan (y). Adapun besar pengaruh variabel media sosial instagram (x) terhadap perilaku keagamaan (y) sebesar 46,8%. Hal ini terlihat dari nilai sig yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung > t tabel yaitu 7,620 > 1,998. Sedangkan seberapa besar pengaruh media sosial instagram (x) terhadap perilaku keagamaan (y) dilihat dari R square sebesar 0,468.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | media social; Instagram; perilaku keagamaan |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Annysha Annysha |
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 06:25 |
| Last Modified: | 17 Jul 2025 06:26 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3474 |
