Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Studi kasus kelas XII otomatisasi tata kelola perkantoran 2 di SMK Negeri 1 Sungailiat

Amelia, Dinda (2021) Manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Studi kasus kelas XII otomatisasi tata kelola perkantoran 2 di SMK Negeri 1 Sungailiat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL_1711035.pdf] Text
HALAMAN AWAL_1711035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I_1711035.pdf] Text
BAB I_1711035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[thumbnail of BAB II_1711035.pdf] Text
BAB II_1711035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[thumbnail of BAB III_1711035.pdf] Text
BAB III_1711035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[thumbnail of BAB IV_1711035.pdf] Text
BAB IV_1711035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[thumbnail of BAB V_1711035.pdf] Text
BAB V_1711035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_1711035.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_1711035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)

Abstract

INDONESIA:
Fokus penelitian ini mengacu pada bagaimana manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas XII Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran 2 di SMK Negeri 1 Sungailiat. Dimana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan manajemennya serta kendala yang terjadi dalam implementasi manajemen tersebut. Adapun manajemen sarana prasarana meliputi perencanaan, pengadaan, pengaturan, penggunaan, dan penghapusan.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,wawancara, dan dokumentasi. Ada lima informan yaitu kepala sekolah, guru PAI, waka sarana prasarana, ketua komite, dan peserta didik. Data dianalisis melalui model Milles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada tahap perencanaan, SMK Negeri 1 Sungailiat sangat memperhatikan standar sarana dan prasarana dan melakukan analisis kebutuhan berdasarkan materi, jumlah pemakainya, waktu/jangka penggunaan, lokasi, dan anggaran/biaya. Pada tahap pengadaan, dilakukan dengan cara membeli menggunakan anggaran pemerintah baik APBD maupun APBN, dan komite sekolah. Namun, pengadaan ini masih dikatakan kurang karena ada ketersediaan barang yang masih kurang. Pada tahap pengaturan, sekolah melakukan inventarisasi setiap tahun. Selain itu, dalam menjaga sarana prasarana, sekolah memiliki tempat penyimpanan dan perawatan secara rutin baik harian, mingguan, bulanan, triwulan hingga tahunan. Pada tahap penggunaan, memakai alat bantu seperti boneka dalam materi yang dimulai dari memandikan hingga sholat jenazah itu sangat membuat peserta didik senang, antusias, keinginan untuk melakukan dengan baik, dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Dalam penggunaan sarana prasarana ditentukan oleh materi, fungsi, dan ada juga yang berdasarkan jadwal. Adapun tahap yang terakhir yaitu penghapusan. Dalam tahap ini, penghapusan sudah dilakukan berdasarkan syarat yang berlaku. Penghapusan di SMK Negeri 1 Sungailiat sudah pernah dilakukan, seperti meja dan kursi peserta didik, dan beberapa meja di kantor. Namun, di sekolah ini belum pernah melakukan penghapusan dengan cara pelelangan. Apalagi dalam sarana prasarana mata pelajaran PAI belum pernah dilakukan penghapusan sampai melibatkan pemerintah. Dalam impementasi manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran PAI ada beberapa kendala, yaitu ketersediaan barang seperti buku di perpustakaan jumlahnya ada yang kurang, jumlah alat sholat yang tidak banyak dan alat peraga yang terbatas yaitu hanya 1 saja, infocus ada beberapa yang rusak sehingga memakainya bergiliran. Mengenai anggaran, pihak sekolah menyatakan masih bisa dikompromi bersama yang dilakukan sesuai prosedur yang berlaku. Adapun selama pandemi, membuat sekolah harus mencari strategi bagaimana pembelajaran tetap berlangsung namun tak mengurangi motivasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: manajemen; sarana prasaran;, motivasi belajar; pendidikan agama Islam.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan, Riset Penelitian Ilmu Pendidikan, Riset Penelitian Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Hilda Aryani
Date Deposited: 05 Jun 2025 01:59
Last Modified: 05 Jun 2025 01:59
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3437

Actions (login required)

View Item
View Item