Yanti, Diana Rila (2021) Pengaruh mengerjakan tugas terhadap tanggung jawab belajar peserta didik dalam pembelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTS Darussalam Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1711032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I _1711032.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (536kB)
BAB II_1711032.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (453kB)
BAB III _1711032.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (614kB)
BAB IV _1711032.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (313kB)
BAB V _1711032.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (186kB)
DAFTAR PUSTAKA _1711032.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (408kB)
Abstract
INDONESIA:
Diambilnya permasalahan ini berdasarkan observasi di kelas VIII A dan
B MTs. Darussalam Pangkalpinang, tanggung jawab belajar peserta didik
terbilang rendah itu terlihat ketika pendidik memberikan tugas namun masih banyak peserta didik yang tidak menyelesaikan tugas yang diberikan oleh pendidik, itu artinya peserta didik tidak menunaikan tanggung jawabnya dengan baik Penelitian ini merupakan hasil kajian dan pengamatan atas proses mengerjakan tugas terhadap tanggung jawab belajar peserta didik dalam pembelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs. Darussalam Pangkalpinang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik
analisis regresi linier sederhana. Jumlah sampel 64 responden. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang diberikan kepada peserta didik kelas VIII di MTs. Darussalam Pangkalpinang.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara mengerjakan tugas terhadap tanggung jawab belajar peserta didik dalam pembelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs. Darussalam Pangkalpinang. Hasil analisis data diperoleh nilai thitung sebesar 3,633, sedangkan ttabel 1,669. Berarti thitung > ttabel yakni 3,633 > 1,669. Artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Tingkat variabel mengerjakan tugas terhadap tanggung jawab belajar peserta didik sebesar 17,6% yang didapat dari hasil regresi linier sederhana, sedangkan sisanya 83,4% merupakan sumbangsi dari variabel lain diluar variabel
mengerjakan tugas.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | mengerjakan tugas; tanggung jawab belajar |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan, Riset Penelitian Ilmu Pendidikan, Riset Penelitian Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Hilda Aryani |
| Date Deposited: | 02 Jun 2025 09:31 |
| Last Modified: | 02 Jun 2025 09:31 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3434 |
