Mellita, Mellita (2025) Peran ustadzah dalam pengajaran al-qur’an di taman Pendidikan Al-Qur’an An-Nur Unit 031 Desa Tugang Kecamatan Kelapa. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2011141.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2011141.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (802kB) | Request a copy
BAB II_2011141.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (797kB) | Request a copy
BAB III_2011141.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (437kB) | Request a copy
BAB IV_2011141.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (817kB) | Request a copy
BAB V_2011141.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (315kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2011141.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (430kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Pendidikan Al-Qur’an merupakan pendidikan yang bertujuan untuk menjadikan manusia-manusia yang beriman, berilmu pengetahuan, dan bertingkah laku terpuji sesuai dengan kaidah-kaidah dalam al-Qur’an. Taman Pendidikan Al-Qur’an merupakan salah satu pendidikan non formal yang akan membuat anak bisa lebih mendalami tentang ajaran Agama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran ustadzah dalam pengajaran al-Qur’an dan untuk mengetahui Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pengajaran al-Qur’an Di Taman Pendidikan Al-Qur’an An-Nur Unit 031 Desa Tugang Kecamatan Kelapa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Responden penelitian ini adalah guru yaitu sebanyak empat (4). Hasil penelitian ini diketahui bahwa ada beberapa peran ustadzah sebagai sebagai berikut ; 1). Peran ustadzah sebagai pendidik guru yang telah mengerti dengan menunjukkan perilaku yang baik dan menjadi teladan bagi peserta didik dengan mencontohkan makna penting didalam Al Qur’an. 2). Peran ustadzah sebagai pengajar, perannya dengan menyiapkan materi yang akan diajarkan sebelum pembelajaran dimulai kemudian menyampaikan materi sesuai dengan apa yang telah dirancang.3). Peran ustadzah sebagai pembimbing, perannya dengan menyiapkan materi pembelajaran yang menarik, jelas, singkat, dan mudah dipahami kemudian lebih memperhatikan penggunaan metode dalam pembelajaran. 4). Peran ustadzah sebagai pengarah adalah memahami peserta didiknya seperti apa karakternya dan memberikan pemahaman. 5). Peran ustadzah sebagai pelatih, perannya dengan melihat perbedaan kompentesi dasar setiap anak yang tentu saja berbeda-beda dengan itu ustadzah bisa menerapkan dan mengajarkan materi yang di sampaikan ke peserta didik sesuai dengan potensi yang dimiliki setiap anak. 6). Peran ustadzah sebagai penilai, perannya melakukan penilaian dengan cara menyiapkan penilaian sehari- hari disetiap pertemuan dan juga bentuk tes tertulis, lisan dan praktek. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran ada faktor internal dan eksternal.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | peran ustadzah; pengajaran al-qur’an; tpa |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Mellita Mellita |
| Date Deposited: | 27 May 2025 07:56 |
| Last Modified: | 27 May 2025 07:56 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3427 |
