Saini, Saini (2025) Strategi guru Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di UPTD SD Negeri 13 Riau Silip Kabupaten Bangka. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1811267.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (982kB)
BAB I_1811267.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (226kB)
BAB II_1811267.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (331kB)
BAB III_1811267.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (199kB)
BAB IV_1811267.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (235kB)
BAB V_1811267.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (175kB)
Daftar Pustaka_1811267.pdf - Accepted Version
Download (196kB)
Abstract
INDONESIA:
Strategi Pendidikan Agama Islam merupakan strategi yang sebagai pedoman dan perhitungan tentang kondisi dan situasi sebab dalam proses tersebut berlangsung dalam jangka waktu yang panjang. Oleh karena itu, pada proses Pendidikan Agama Islam, terlebih dahulu guru menentukan strategi sebagai pedoman dalam mengajarkan Pendidikan Agama Islam kepada peserta didiknya. Sehingga tujuan Pendidikan Agama Islam akan berhasil jika sebelumnya direncanakan dan dipersiapkan pedoman dalam Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi yang digunakan serta faktor pendukung maupun penghambat dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di UPTD SDN 13 Riau Silip.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian yang hasilnya melalui pengumpulan fakta-fakta dari kondisi alami sebagai sumber langsung dengan berupa kata-kata dalam mendeskripsikan objek yang diteliti.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlakul karimah di UPTD SDN 13 Riau Silip dapat disimpulkan bahwa strategi guru agama Islam dalam pembinaan akhlakul karimah siswa dalam proses belajar mengajar yaitu menekankan kepada pembentukan akhlak mulia melalui keteladanan, pembiasaan dan kedisiplinan. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode anjuran, metode ceramah, metode diskusi, metode pemberian hukuman. Faktor pendukung yaitu adanya kebiasaan atau tradisi yang ada di SDN 13 Riau Silip. Adanya kesadaran dari para siswa, adanya kebersamaan dalam diri masing-masing guru dalam membina akhlakul karimah siswa, dan adanya motivasi dan dukungan dari orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya latar belakang siswa yang kurang mendukung, lingkungan masyarakat (pergaulan bebas), pengaruh dari televisi atau media cetak.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | strategi guru pendidikan agama islam; pembinaan akhlakul karimah,;faktor pendukung dan penghambat |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Hilda Aryani |
| Date Deposited: | 23 May 2025 02:40 |
| Last Modified: | 23 May 2025 02:40 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3400 |
