Riyani, Riyani (2025) Implementasi metode pembiasaan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Tempilang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2111226.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2111226.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (593kB) | Request a copy
BAB II_2111226.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (718kB) | Request a copy
BAB III_2111226.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (374kB) | Request a copy
BAB IV_2111226.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (538kB) | Request a copy
BAB V_2111226 .pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (331kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2111226.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (565kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan adanya beberapa siswa yang kurang minat dalam membaca Al-Qur’an dan masih terdapat beberapa siswa yang masih kurang serius dan kesulitan dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dari metode pembiasaan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Tempilang, beserta faktor penghambat yang dihadapi dalam penerapan metode pembiasaan ini. Metode pembiasaan membaca Al-Qur’an menjadi salah satu strategi yang baik dalam meningkatkan keterampilan dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan pada peserta didik, pembiasaan ini membantu siswa untuk lebih akrab dengan Al-Qur’an dan meningkatkan kedisplinan dalam beribadah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang bersifat deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Tempilang, dimulai dari bulan Desember-Januari 2025. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan informan kepala sekolah, guru pendamping kegiatan keagamaan dan siswa kelas VIII. Data yang sudah terkumpul dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembiasaan membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 3 Tempilang telah diterapkan secara rutin sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Metode pembiasaan sebagai upaya untuk menanamkan kebiasaan membaca Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari siswa. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter religius siswa, serta menanamkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun terdapat beberapa faktor pendukung seperti fasilitas yang memadai dan dukungan dari guru, terdapat pula kendala dalam implementasi, seperti keterlambatan siswa dan ketersediaan waktu yang dialokasikan dalam kegiatan ini.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | implementasi; pembiasaan; membaca Al-Qur'an |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Riyani Riyani |
| Date Deposited: | 22 May 2025 05:32 |
| Last Modified: | 22 May 2025 05:33 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3385 |
