Melani, Venna (2025) Pembelajaran pendidikan agama Islam dan relevansinya terhadap implementasi nilai-nilai moderasi beragama di SMP Negeri 1 Toboali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2011167.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (816kB)
BAB I_2011167.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (229kB) | Request a copy
BAB II_2011167.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (637kB) | Request a copy
BAB III_2011167.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (158kB) | Request a copy
BAB IV_2011167.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (335kB) | Request a copy
BAB V_2011167.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (74kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2011167.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (178kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Relevansinya terhadap Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama di SMP N 1 Toboali, mulai dari perencanaan pembelajaran PAI, pengelolaan pembelajaran PAI, evaluasi pembelajaran PAI dan Implementasi Nilai-Nilai Moderasi beragama dalam pembelajaran PAI.
Metode yang digunakan yaitu pendekatan deskriftif kualitatif, subjek penelitian adalah Kepala sekolah SMP N 1 Toboali, guru PAI, dan Peserta didik. Objek penelitian ini adalah proses pembelajaran Pendidikan agama islam (PAI) di SMP N 1 Toboali serta keterkaitannya dengan implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam lingkungan sekolah tersebut. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis datanya menggunakan analisis data deskriptif kualitatif model interaktif dari Milles dan Michael Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian tentang pembelajaran Pendidikan agama islam dan relevansinya terhadap implementasi nilai-nilai moderasi beragama di SMP N 1 Toboali menunjukkan bahwa; 1) Pembelajaran PAI di SMP N 1 Toboali dilaksanakan secara sistematis dan terstruktur, dimulai dari perencanaan dengan penyusunan RPP, pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan metode ceramah interaktif, diskusi demontrasi, serta evaluasi yang dilakukan melalui tes tertulis dan observasi sikap peserta didik. 2) Pembelajaran PAI berperan menanamkan nilai-nilai moderasi beragama terutama dalam proses pembelajaran melalui pembentukan karakter moderat peserta didik dengan nilai Tawassuth, Tawazun, I’tidal, Tasamuh, Al-Musawah, dan Syura, namun implementasi nilai moderasi pada perencanaan masih dalam tahap pengembangan dan perlu diperkuat.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | pendidikan agama Islam; moderasi beragama |
| Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Venna Melani |
| Date Deposited: | 22 May 2025 05:45 |
| Last Modified: | 22 May 2025 05:45 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3379 |
