Azari, Zea (2025) Kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMP Negeri 4 Simpangkatis Kabupaten Bangka Tengah. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_2011046.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB 1_2011046.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (706kB) | Request a copy
BAB II_2011046.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (502kB) | Request a copy
BAB III_2011046.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (412kB) | Request a copy
BAB IV_2011046.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (623kB) | Request a copy
BAB V_2011046.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (297kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2011046.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (424kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini mengkaji tentang kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa pada proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam serta peran kompetensi pedagogik dalam meningkatka minat belajar siswa di SMP Negeri 4 Simpangkatis.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri 4 Simpangkatis sudah baik, guru memiliki kemampuan merencanakan program belajar mengajar, memahami peserta didik, melaksanakan proses belajar mengajar, kemampuan memanfaatkan teknologi pembelajaran, mengevaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan pembelajaran di dalam kelas guru membuat modul ajar atau RPP sebelum menyampaikan materi, menentukan metode dan model pembelajaran seperti menggunakan infokus, power point, karton, HVS dan lain sebagainya yang dijadikan sebagai alat peraga dalam menyampaikan materi. 2) Minat belajar peserta didik di SMP Negeri 4 Simpangkatis mengalami peningkatan ditandai rasa senang dan ketertarikan peserta didik terhadap pembelajaran, perhatian siswa tertuju pada pembelajaran serta siswa melibatkan diri dalam belajar seperti bekerja sama membuat tugas dan aktif. Namun, masih ditemukan kendala yakni faktor minat dari siswa itu sendiri beberapa peserta didik kurang bersemangat dan jenuh dalam belajar serta terdapat kurangnya fasilitas penunjang seperti teknologi yakni infokus. Temuan dari penelitian ini adalah kompetensi pedagogik guru PAI di SMP Negeri 4 Simpangkatis diterapkan dengan maksimal sehingga minat belajar peserta didik di SMP Negeri 4 Simpangkatis ada peningkatan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | kompetensi pedagogik; guru pendidikan agama Islam; minat belajar |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Zea Azari |
| Date Deposited: | 22 May 2025 03:16 |
| Last Modified: | 22 May 2025 03:16 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3353 |
