Saputri, Ella (2025) Implementasi nilai-nilai religius dalam membentuk karakter peserta didik kelas Vlll di SMP Negeri 5 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_2111160_organized.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2111160.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (238kB) | Request a copy
BAB II_2111160.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (263kB) | Request a copy
BAB III_2111160.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (150kB) | Request a copy
BAB IV_2111160.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (363kB) | Request a copy
BAB V_2111160.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (91kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2111160.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (108kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu masih kurangnya karakter religius yang ditanamkan pada peserta didik, sering kali peserta didik susah diatur dan masih banyak peserta didik yang melanggar peraturan sekolah sehingga dengan mengimplementasikan nilai-nilai religius kepada peserta didik dapat membantu membentuk karakter mereka menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi nilai – nilai religius dalam membentuk karakter peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Pangkalpinang, serta untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai – nilai religius dalam membentuk karakter peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Pangkalpinang.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilakukan dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah guru PAI, guru BK, dan peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Pangkalpinang. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini ditemukan beberapa tahapan dalam menerapkan nilai-nilai religius diantaranya, guru memberikan pemahaman sikap jujur, proses penyelesaian tugas, menjelaskan sikap toleransi, pembentukan sikap toleransi dari kegiatan pembelajaran, memberikan ruang kepada pemeluk agama lain untuk melaksanakan ibadah sesuai dengan keyakinan yang dianut, mematuhi jadwal pembelajaran, mematuhi peraturan sekolah, disiplin waktu, dan pelaksanaan infak. Adapun faktor pendukungnya yakni agama, kebiasaan dan lingkungan sekolah dan untuk faktor penghambatnya yakni terbatasnya pengawasan pihak sekolah, kesadaran peserta didik, dan kurangnya sarana dan prasarana.
Kata-kata Kunci: Nilai, Religius, Karakter
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | nilai; religius; karakter |
| Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.5 Etika Islam; Praktik Keagamaan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Ella Saputri |
| Date Deposited: | 21 May 2025 08:39 |
| Last Modified: | 21 May 2025 08:39 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3349 |
