Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SMA Negeri 1 Pangkalpinang

Maharani, Betania (2025) Pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SMA Negeri 1 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2011106.pdf] Text
Halaman Awal_2011106.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (734kB)
[thumbnail of BAB I_2011106.pdf] Text
BAB I_2011106.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (488kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2011106.pdf] Text
BAB II_2011106.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (541kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2011106.pdf] Text
BAB III_2011106.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (703kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2011106.pdf] Text
BAB IV_2011106.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (374kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2011106.pdf] Text
BAB V_2011106.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (298kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_2011106.pdf] Text
Daftar Pustaka_2011106.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (415kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Lingkungan sekolah salah satu tripusat pendidikan yang penting dalam dunia pendidikan, terpenuhinya lingkungan sekolah yang baik akan berpengaruh positif terhadap prestasi belajar peserta didik, sebaliknya jika lingkungan sekolah tidak mendukung dalam proses belajar mengajar akan berpengaruh buruk terhadap prestasi belajar peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana lingkungan sekolah mempengaruhi prestasi belajar di SMA Negeri 1 Pangkalpinang.

Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan metode korelasional. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang disebarkan kepada 105 peserta didik dan juga dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji regresi linear sederhana, koefisien korelasi dan koefisien determinasi.

Hasil dari analisis data 105 responden yaitu pada uji regresi linear sederhana t-hitung yang didapat lebih besar dari t-tabel yaitu pada angka 12.650 > 1.659, yang diartikan bahwa variabel X (Lingkungan Sekolah) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y (Prestasi Belajar). Pada uji koefisien korelasi nilai pearson correlation didapat 0,780 > 0,161 yang artinya data berkorelasi. Dari hasil uji korelasi tersebut juga diketahui tingkat hubungan antara variabel X (Lingkungan Sekolah) terhadap variabel Y (Prestasi Belajar) berada pada interval koefisien 0,60 – 0,799 yang artinya memiliki hubungan dengan kategori kuat. Kemudian dari nilai R Square didapati bahwa lingkungan sekolah mempengaruhi prestasi belajar sebesar 60,8%, sedangkan sisanya 39,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar di SMA Negeri 1 Pangkalpinang berada pada kategori kuat. Jadi secara hipotesis dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: lingkungan sekolah; prestasi belajar; pendidikan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Betania Maharani
Date Deposited: 21 May 2025 07:21
Last Modified: 21 May 2025 07:21
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3342

Actions (login required)

View Item
View Item