Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik wdep untuk mengurangi prokrastinasi akademik peserta didik SMP Negeri 2 Toboali

Oktarina, Nella (2025) Efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik wdep untuk mengurangi prokrastinasi akademik peserta didik SMP Negeri 2 Toboali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL_2115029.pdf] Text
HALAMAN AWAL_2115029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I_2115029.pdf] Text
BAB I_2115029.pdf - Accepted Version

Download (276kB)
[thumbnail of BAB II_2115029.pdf] Text
BAB II_2115029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2115029.pdf] Text
BAB III_2115029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (643kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2115029.pdf] Text
BAB IV_2115029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (798kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2115029.pdf] Text
BAB V_2115029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (144kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_2115029.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_2115029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (181kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang melakukan perilaku prokrastinasi akademik seperti mengerjakan PR di kelas, sering menunda pengerjaan tugas harian baik tugas individu maupun kelompok, sengaja mengulur waktu pengumpulan tugas, terlambat dalam pengerjaan tugas, bahkan terdapat peserta didik yang tidak mengerjakan tugas sama sekali yang dilakukan dengan sengaja, dan beberapa peserta didik yang sering mencontek hasil tugas dari temannya. Guru bimbingan dan konseling belum memberikan bentuk penanganan untuk mengatasi perilaku prokrastinasi akademik yang dilakukan oleh peserta didik. Oleh sebab itu, peneliti tertarik untuk memberikan bentuk penanganan melalui layanan konseling kelompok dengan teknik wdep untuk mengurangi prokrastinasi akademik peserta didik. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik wdep untuk mengurangi prokrastinasi akademik peserta didik.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain quasi experiment dengan tipe nonequivalent control grup design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket (kuesioner), dan dokumentasi. Adapun data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data seperti uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample T-Test dan uji N- Gain dengan dibantu program SPSS 26.

Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji independent sample T-Test, dikatahui bahwa nilai sig. (2-tailed) lebih kecil dari nilai kritik 0,05 (0,000< 0,05). Hasil ini menegaskan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hal tersebut membuktikan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik wdep (want, direction, evaluation, planning) efektif untuk mengurangi prokrastinasi akademik peserta didik SMP Negeri 2 Toboali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: layanan konseling kelompok; teknik wdep (want, direction, evaluation, planning); prokrastinasi akademik; peserta didik; quasi experiment
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Nella Oktarina
Date Deposited: 21 May 2025 07:09
Last Modified: 22 May 2025 03:08
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3339

Actions (login required)

View Item
View Item