Yeni, Putri (2025) Peran guru kampung dalam penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam bagi masyarakat di Dusun Ganjan Desa Dendang Kecamatan Kelapa Bangka Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2111041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (3MB)
BAB I_2111041..pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (550kB) | Request a copy
BAB II_2111041.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (719kB) | Request a copy
BAB III_2111041.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (536kB) | Request a copy
BAB IV_2111041,.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (646kB) | Request a copy
BAB V_2111041,.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (375kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2111041.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (578kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu adanya pengaruh globalisasi yang sangat pesat, memperhatikan pendidikan agama Islam pada masyarakat Dusun Ganjan yang masih kurang maksimalnya pendidikan yang didapat oleh masyarakat terkhusus pendidikan agama dan terlihat bahwa masyarakat di Dusun Ganjan sering melakukan perbuatan yang melanggar syari’at Islam. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru kampung dalam perspektif masyarkat di Dusun Ganjan. Untuk mengetahui peran guru kampung dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam bagi anak di Dusun Ganjan. Untuk mengetahui apakah peran guru kampung dapat menanamkan pemahaman keagamaan bagi masyarakat di Dusun Ganjan.
Penelitian ini bersifat kualitatif yang digunakan untuk mendapatkan data mendalam. Responden dipilih berdasarkan objek dan subjek dalam penelitian, adapun objek penelitian 4 guru kampung dan subjek penelitian yaitu kepala desa, kepala dusun dan 6 masyarakat Dusun Ganjan. Kemudian data dikumpulkan dari hasil observasi, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Dan taknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah pertama, peran guru kampung dalam perspektif masyarakat diantaranya yaitu, guru kampung berperan dalam segi spiritual, sosial dan moral, guru kampung berperan sebagai pendakwah (pengajar dan pendidik Masyarakat), pemmimpin serta memberikan teladan yang baik. Kedua, peran guru kampung dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam kepada anak-anak di Dusun Ganjan dibagi menjadi empat peran yaitu, pendakwah (pengajar dan pendidik, pembimbing), pemimpin agama, panutan dan sebagai motivator serta konsultan. Adapun nilai-nilai PAI yang ditanamkan oleh guru kampung yaitu, nilai aqidah, ibadah, akhlak dan sosial. Ketiga, peran guru kampung dapat menanamkan pemahaman keagamaan bagi masyarakat, setelah mengikuti kegiatan keagamaan seperti pengajian, majlis ta’lim dan kegiatan keagamaan lainnya pengetahuan dan pemahaman keagamaan masyarakat menjadi bertambah, serta keimanan dan ibadah masyarakat lebih baik dari sebelumnya.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | peran; guru kampung; nilai-nilai pendidikan agama Islam |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Putri Yeni |
| Date Deposited: | 20 May 2025 04:02 |
| Last Modified: | 20 May 2025 04:02 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3276 |
