Pratama, Aditiya (2025) Peran guru bimbingan konseling dalam penegakan disiplin belajar peserta didik kelas IX IPS SMA Negeri 1 Kelapa. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1815001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (984kB)
BAB I_1815002.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (199kB) | Request a copy
BAB II_1815001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (229kB) | Request a copy
BAB III_18150901.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (144kB) | Request a copy
BAB IV_1815001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (211kB) | Request a copy
BAB V_1815001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (42kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_ 1815001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (173kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam menegakkan disiplin belajar peserta didik kelas IX IPS di SMA Negeri 1 Kelapa. Disiplin belajar merupakan faktor penting dalam pencapaian prestasi akademik siswa, dan guru BK memiliki tanggung jawab dalam membantu siswa mengembangkan sikap dan perilaku disiplin melalui layanan konseling individu maupun kelompok. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru BK berperan sebagai motivator, fasilitator, dan mediator dalam proses penegakan disiplin belajar. Guru BK melakukan pendekatan personal kepada siswa yang mengalami masalah kedisiplinan, memberikan layanan bimbingan yang terstruktur, serta bekerja sama dengan wali kelas dan orang tua untuk mendukung perubahan perilaku siswa. Hambatan yang dihadapi antara lain keterbatasan waktu dan kurangnya kesadaran siswa terhadap pentingnya disiplin belajar.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa peran aktif dan strategis guru BK sangat diperlukan dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan membangun karakter disiplin peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | kedisiplinan belajar peserta didik di Sma Negeri 1 Kelapa |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Aditiya pratama Adit |
| Date Deposited: | 20 May 2025 04:37 |
| Last Modified: | 20 May 2025 04:37 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3275 |
