Sandi, Deni Kurnia (2025) Efektivitas penggunaan podcast sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan public speaking mahasiswa IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2122048.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2122048.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (459kB) | Request a copy
BAB II_2122048.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (494kB) | Request a copy
BAB III_2122048.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (323kB) | Request a copy
BAB IV_2122048.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (422kB) | Request a copy
BAB V_2122048.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (192kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2122048.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (414kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Permasalahan yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah masih minimnya kemampuan public speakingmahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) di IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, yang disebabkan oleh kurangnya akses pelatihan langsung, minimnya model yang bisa dijadikan acuan, serta pengalaman kecemasan dan kurang percaya diri saat berbicara di depan umum. Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi mahasiswa adalah podcast Menawarkan kombinasi konten audio visual, model nyata, serta fleksibilitas waktu dan tempat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan podcast sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan public speaking mahasiswa dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitasnya. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis dari Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa podcast sangat efektif karena mampu menyajikan model nyata dari gaya dan teknik berbicara, mendukung praktik langsung, serta memberikan motivasi dan penguatan positif kepada mahasiswa. Faktor utama yang mempengaruhi efektivitas adalah kebutuhan informasi yang relevan, unsur hiburan, kemudahan akses, serta kontrol atas konten yang dipilih mahasiswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | efektivitas; podcast; media pembelajaran; public speaking |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Tugas Akhir |
| Depositing User: | deni kurnia sandi |
| Date Deposited: | 20 May 2025 05:44 |
| Last Modified: | 20 May 2025 05:44 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3234 |
